Beranda Hukrim Sambangi Lapas Kapolda Malut Janji Back Up Keamanan

Sambangi Lapas Kapolda Malut Janji Back Up Keamanan

340
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-Ternate,  Kapoda Maluku Utara Brigjen Pol.Tugas Dwi Apriyanto yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda Malut, Kamis Siang (18/05/17)

melakukan kunjungan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas Dua A dan Rumah Tahanan kelas IIB, Kelurahan Jambula  Kecamatan Kota Ternate Pulau.

Kunjungan Kapolda beserta rombongan di sambut, Kepala Devisi Pemasyarakatan (Kadivas) Kementerian Hukum dan Hak Asisi Manusia Maluku Utara, Probowati.

Kapolda yang di dampingi Kadivas, melakukan dialog dengan dengan puluhan narapidana yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Kapolda Maluku Utara yang di wawancara sejumlah wartawan usai melakukan kunjungan mengatakan, kunjungan ini untuk melakukan kerja sama antara

kepolisian dan lembaga pemasyarakatan, sebagaimana peristiwa kaburnya puluhan tahan yang terjadi di lembaga pemasyarakatan, di Provinsi Riau.

“Kita akan amati nanti secara detail kira-kira masalah-masalah apa yang bisa di perbantukan oleh Polda Maluku Utara kepada lembaga pemasyarakatan ini, karena kejadian di Riau itu menjadikan sebuah pelajaran, sebab di satu sisi memang kapasitas sudah over loud, tapi syukur alhamdulillah Lembaga Pemasyarakatan di Maluku Utara ini over loud masih 10 sampai 15 persen, tapi itu tidak menjadi alasan bagi kita untuk kita meningkatkan kewaspadaan”.

Lanjut Kapolda, untuk mengantisipasi terjadinya kejadian serupa di Lapas Riau, Lapas dan Polda Maluku Utara akan memperbantukan pengamanan dengan menerjunkan patroli pada jam-jam tertentu, apalagi lapas ini berdekatan dengan Markas Brimob dan Polsek Ternate Pulau, sehingga seperti ada konfitnes, jika suatu saat ada peristiwa di dalam Lapas Brimob, Polsek dan Polres bisa memberikan bantuan.

Sementara itu, Kepala Devisi Pemasyarakatan (Kadivas) Kementerian Hukum dan Hak Asisi Manusia Maluku Utara, Probowati mengatakan, kunjungan Kapolda Maluku Utara di Lembaga Pemasyarakatan ini merupakan suatu pencerahan bagi lembaga pemasyarakatan khususnya lembaga pemasyarakatan di Maluku Utara, karena bagimanapun kunjungan seperti ini masih jarang”.

Brobowati juga menambahkan dalam waktu dekat Lembaga Pemsyarakatan akan melaksanakan MoU dengan Polda Maluku Utara, menyangkut dengan tenaga medis dan keamanan.(HI)