Beranda Maluku Utara Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Panglima TNI Serukan Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

263
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-Ternate, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serukan masyarakat di Maluku Utara untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga Islam Rahmatan Lil Alamin.

Hal tersebut disampaikan pada ceramah safari ramadan di Masjid Raya Al Munawar Kota Ternate, dalam kesempatan tersebut Panglima menyampaikan bahwa perjuangan panjang bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari bangsa penjajah atas dasar persatuan dan kesatuan secara Nasional, perlawanan secara kedaerahan berlangsung selama lebih dari 343 tahun.

Gagasan para Kiyai dan kaum muda mendeklarasikan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 dimulai dari organisasi kepemudaan Budi Utomo yang mempersatukan para pemuda dari seluruh Nusantara dan melakukan perjuangan secara Nasional terbukti ampuh dapat merebut kemerdekaan dalam waktu relatif singkat yaitu 17 Tahun hingga bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Panglima juga mengatakan sangatlah penting menjaga ukhuwah islamiah yang berdasarkan persatuan dan kebhinekaan bangsa. Saat ini adanya upaya-upaya mengadu domba antar umat muslim maupun umat lainnya sehingga menimbulkan konflik, oleh karenanya kita perlu waspada dan kembali merapatkan barisan dengan mengamalkan kembali jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya.

Terkait adanya gerakan ISIS di Marawi Filiphina kita perlu waspada adanya upaya infiltrasi dari kelompok tersebut untuk itu kita perlu meningkatkan kewaspadaan dan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) juga Panglima berpesan kepada masyarakat untuk dapat menjadi early warning system bagi lingkungannya dengan melaporkan setiap ada warga baru yang tidak dikenal serta melakukan aktifitas mencurigakan kepada aparat TNI maupun Polri terdekat diharapkan akan memperkecil ruang gerak kelompok tersebut di seluruh Nusantara. (HI)