Beranda Hukrim Tak Miliki Dokumen Lengkap Puluhan Handphone Bermerek Diamankan Polisi

Tak Miliki Dokumen Lengkap Puluhan Handphone Bermerek Diamankan Polisi

302
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com-TERNATE, Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Ternate, Senin (24/07/17) melakukan razia barang elektronik di sebuah Mall di Kota Ternate.

Dari hasil operasi razia anggota satuan Reskrim Polres Ternate berhasil menyita puluhan unit smartphone merek ternama di salah satu gerai smartphone.

Razia ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat bahwa adanya dugaan penyelundupan barang elektronik tanpa dokumen yang lengkap, di Kota Ternate.

Sebelumnya, polisi melakukan pemeriksaan dokumen-dokumen legalitas smartphone, dan dari hasil pemeriksaan dokumen tersebut polisi menemukan adanya dokumen yang tidak lengkap sehingga dilakukan penyitaan puluhan smartphone mulai dari iphone 4 sampai iphone 7.

Setelah penyitaan dilakukan, polisi kemudian akan melakukan pemeriksaan dokumen produk yang akan dijual kepada masyarakat termasuk pajak.

Kapolres Ternate saat diwawancarai

Kapolres Ternate, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kamal Bahtiar yang diwawancarai gamalamanews.com di kantornya mengatakan, “selama ini barang-barang yang masuk tanpa cukai atau ijin yang jelas, untuk itu kami melakukan razia, tetapi apabila penyidik saya melakukan pemeriksaan dokumen, dan dokumennya lengkap maka barang-barang yang sudah dirazia akan dikembalikan”, jelas Kapolres.

Lanjut Kapolres, “razia ini tidak hanya di fokuskan kepada barang-barang elektronik tapi akan dilakukan pada sembako”.

Kapolres juga menambahkan, “razia ini kami akan melakukan kerja sama dengan Disperindag Kota Ternate, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM),
pemeriksaan akan dilakukan secara rutin, hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya transaksi produk bodong yang akan merugikan masyarakat Kota Ternate”, tutup Kapolres Ternate. (HI)