Beranda Hukrim Besok, Polda Malut Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada 2018

Besok, Polda Malut Gelar Pasukan Pengamanan Pilkada 2018

309
0
BAGIKAN
Hendry Badar Kabid Humas Polda Malut

TERNATE – Kepolisian Daerah Maluku Utara rupanya tidak ingin kecolongan dalam melakukan pengamanan pemilihan kepala daerah Gubernur dan wakil Gubernut pada 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kapolda Maluku Utara, Brigjen (Pol) Achmat Juri melalui Kabid Humas AKBP, Hendry Badar jika Polda Malut tidak mau kecolongan sebagimana pilkada-pilkada sebelumnya.

“Berkaca pada pengalaman Pilgub Malut tahun sebelumnya, sering terjadi konflik antar pendukung calon. Untuk itu perlu diantisipasi sedini mungkin dengan mengecek kesiapan pasukan serta alutsista yang dimiliki Polda Malut saat ini,” akunya.

Untuk itu, Rabu (2/8/2017) Polda Malut akan melaksanakan operasi gelar pasukan untuk melakukan pengecekan kelengkapan alat yang ada di Polda, baik dari darat maupun laut.

Operasi gelar pasukan dalam menghadapi Pilkada 2018 mendatang, akan melibatkan seluruh kesatuan, baik Brimob maupun Ditshabara dan dilaksanakan di lokasi Pelabuhan Perikanan Nusantara, Bastiong, Kecamatan Kota Ternate Selatan.

“Upacara, pak Kapolda akan mengecek langsung segala kesiapan kita dalam menghadapi Pilkada 2018, yang diikuti 1500 personil” ungkap Kabid, Selasa (2/8/2017) di Mapolda Malut.

Menurut Kabid, jika dalam pengecekan yang akan dilaksanakan besok masih ada berbagai kekurangan, maka Polda akan langsung melakukan pengajuan ke Mabes Polri, sebab, kekurangan itu yang akan dilengkapi.

“Sekarang kita masih punya banyak waktu, makanya akan kita laksanakan besok untuk mengetahui kelemahan kita dalam menghadapi momen lima tahunan itu,” katanya.

Hendry juga menyampaikan, Provinsi Malut ini merupakan Provinsi kepulauan, maka itu tidak menutup kemugkinan Polda Malut juga akan mengajukan penambahan satu helikopter dari Mabes Polri.

“Selain helikopter, kita juga tentunya membutuhkan penambahan armada kapal laut untuk melakukan pergeseran personil di 10 Kabupaten dan Kota yang ada,” akunya.

Sesuai pantauan sore tadi, untuk mempersiapkan operasi gelar pasukan pengamanan Pilgub 2018 besok, beberapa kendaraan taktis dari Brimob seperti Barakuda dan Watercanon sudah di kerahkan ke Pelabuhan Perikanan Bastiong Ternate. (brx)