Beranda Maluku Utara Rencana Pemindahan Pasar Wisata di Tolire Berjalan Mulus

Rencana Pemindahan Pasar Wisata di Tolire Berjalan Mulus

167
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TERNATE, Lahan pasar wisata yang sebelumnya ditetapkan di Kawasan Jikomalamo, Ternate barat, kini berpindah di utara Tolire Kecil. Alasan pemindahan penempatan lahan Pasar Wisata ini disebabkan karena  lahan yang sebelumnya masih terkendala sengketa dengan pemiliknya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Rizal Marasaoly menyampaikan, “pemindahan lokasi Pasar Wisata ini hampir  95 persen sudah Clear, untuk kepemilikan, saya sudah ketemu langsung dengan empat pemilik lahan dan harga yang diberikan sesuai dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)”, jelasnya.

Kendala yang dialami untuk lahan kawasan pasar baru ini tidak terlalu rumit,  karena tinggal persyaratan terkait  kepemilikan atas Hak, sehingga sebelum dilakukan pembebasan lahan Disperkim bersama, Pertanahan Kota Ternate, Badan Kordinasi Penataan Ruang  Daerah (BKPRD), dan Badan Perencanaan Pembangun Daerah (Bapeda)   telah turun kelokasi untuk memeriksa lahan yang luasnya mencapai 3000 Meter Persegi ini bersama pemilik lahan.

“Yang kita lihat sebelum melakukan pembebasan adalah kepemilikan atas haknya dan secara prosedur dia harus membuktikan dulu dengan melengkapi persyaratan tersebut” tutup Rizal. (HARI)