Beranda Maluku Utara Banjir Landa Kelurahan Rua Kota Ternate

Banjir Landa Kelurahan Rua Kota Ternate

871
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TERNATE, Akibat hujan yang mengguyur Kota Ternate, Sabtu pagi hingga siang tadi mengakibatkan banjir di Kelurahan Rua, Kecamatan Kota Ternate Pulau, banjir ini diduga berasal dari luapan kali mati yang berada di Rt 4.

Kabag OPS, Polres Ternate, Kompol Jufri Dukomalamo, yang ditemui wartawan media ini di lokasi banjir mengatakan, banjir sekitar pukul 15.30 WIT, yang berasal dari luapan kali mati di Rt 04, Kelurahan Rua, luapan banjir ini juga membawa material batu dan pasir hingga menutup badan jalan.

Kabag OPS melanjutkan, akibat banjir ini juga merendam puluhan rumah warga, dan merobohkan pagar tembok Kantor Lurah dan tembok pagar sekolah SD Inpres 2.

“Banjir ini juga merendam sekitar 21 rumah warga, sehingga fasilitas mereka seperti, televisi, leptop, kulkas, handphone mereka terendam banjir”, ungkap Kabag OPS Polres Ternate.

Kabag OPS juga menghimbah kepada masyarakat Kelurahan Rua, apabila terjadi hujan susulan maka diharapkan untuk mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

Untuk saat ini, material batu dan tanah yang menutupi badan jalan di RT 04 dan RT 05, sudah di bersihkan oleh tim gabungan dari Polres Ternate, BPBD Kota Ternate, Tagana Kota Ternate dan Danramil Ternate Pulau.

Sementara itu, warga yang terkena banjir, meminta kepada Walikota Ternate, Burhan Abdurahman, untuk membangun tanggul kali yang berada di RT 01, 04, 05, dan RT 08.

Tidak hanya itu, warga juga meminta kepada pemerintah setempat agar segera mendata kerusakan barang-barang warga seperti alat-alat elektronik pinta warga. (HI)