Beranda Maluku Utara Walikota Ternate Tinjau Lokasi Bencana Banjir

Walikota Ternate Tinjau Lokasi Bencana Banjir

375
0
BAGIKAN

Walikota Ternate : Hari ini juga kita kerahkan alat berat angkut material di kali mati.

Gamalamanews.com – TERNATE, Walikota Ternate DR. Burhan Abdurahman SH. MM, meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kelurahan Rua Kecamatan Pulau Ternate.

Dalam kesempatan itu, Burhan mengunjungi sejumlah lokasi yang diduga sebagai penyebab terjadinya banjir bandang yang melanda empat Rt di kelurahan tersebut.

Tampak dilokasi bencana, dua kali mati yang membentang di Kelurahan Rua penuh material batu, bahkan kali mati (barangka) sudah dangkal akibat tertimbun material.

Sejumlah warga yang merasa terancam akan banjir susulan, masih memilih tinggal di rumah kerabat mereka. Salah satunya adalah Suhaimi, warga Kelurahan Rua. Ia mengatakan malam ini ia masih tinggal di salah satu rumah kerabat, “ saya pe rumah sabalah ka atas, tapi saudara saya dan keluarganya masih tinggal di rumah kerabat kami, saya takut ada banjir lagi, karena barangka so dangkal, kalo hujan lagi torang pe nasib bagaimana? “, bebernya.

Sementara itu Walikota Ternate usai meninjau lokasi banjir mengatakan, “saya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kota Ternate, Dinas PU dan Balai Jalan dan Jembatan, untuk penanganan awal  kita normalisasi kali mati dulu, sore ini kita turunkan alat berat, kita akan tindak lanjuti dengan pembuatan talut”, jelasnya.

Lanjut Walikota,  Pemkot Ternate tahun depan akan memprioritaskan normalisasi kali mati dan pengadaan alat berat,”jadi tidak tunggu bencana baru normalisasi kali mati,  setiap tahun akan kita normalisasi kali mati,  begitu juga pengadaan alat berat”, jelas Walikota.

Walikota juga menghimbau semua warga harus iktiar, kalau ada hujan harus berhati-hati ini berlaku untuk semua warga yang berada di daerah rawan bencana. Sementara itu Walikota juga mengatakan “sekolah juga harus segera dibersihkan supaya anak-anak tidak terganggu sekolahnya”, pungkas Walikota.

Sementara itu, data dari Kantor Kelurahan Rua Ternate, akibat bencana banjir yang melanda Kelurahan Rua Ternate tercatat 52 rumah rusak termasuk satu sekolah rusak berat, Kantor Lurah setempat, dan Waserda, selain itu tiga rumah di Rt  01 dan 03,  rusak berat. (HARI)