Beranda Maluku Utara Gemmah Camtara menjadi Solusi Kelangkaan Air di Kota Ternate

Gemmah Camtara menjadi Solusi Kelangkaan Air di Kota Ternate

169
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – TERNATE, Ternate Utara adalah wilayah yang sering dikeluhkan warga terkait permasalahan air salobar/payau maupun pasokan air yang tidak lancar. melalui program Menabung dan Memanen Air Hujan, Kecamatan Ternate Utara (Gemmah Camtara) diharapkan mampu meringankan kelangkaan air yang sering di keluhkan ini.

Walikota Ternate Burhan Abdurahman saat di wawancarai oleh wartawan seusai peresmian Gemmah Camtara, dipondok Pesantren Moloku Kie Raha  Wahdah Islamiyah, Kelurahan Tubuleu, Ternate Utara, “saya memberikan suport dan  Apresiasi kepada Camat Ternate Utara beserta lurah dan masyarakat yang telah mensukseskan program Gemmah Camtara ini, nantinya hal ini akan menjadi prerioritas program Pemkot pada tahun  depan”.

Rencananya kedepan Pemkot akan lebih banyak lagi memasang Alat Suling air hujan ini, untuk mewaspadai  Kota Ternate  kekurangan Air bersih dan  berfungsi untuk menambah cadangan Air Bumi, sehinggah kelak masyarakat Kota Ternate tidak akan kekurangan Air lagi.

Sedangkan untuk pendanaan ini berasal dari partisipasi kelurahan, dana ini melekat di kecamatan dan bersifat stimulan, kita berikan dana kepada kelurahan untuk membeli bahan baku saja, untuk pembuatannya lewat kerja bakti, jadi lebih banyak manfaatnya selain efisiensi anggaran, ungkap Julkifli Camat Ternate Utara, seusai kegiatan, Senin 24/9

Walikota  juga menambahkan “tahun depan kelurahan melalui dana DPK bisa membangun lebih banyak lagi terutama ditempat-tempat umum, masjid bahkan dirumah penduduk, nantinya kita sosialisasi hinggah gerakan ini lahir dari masyarakat, dan nantinya masyarakatlah yang akan merasa sendiri bahwa program ini akan sangat bermanfaat. Hingga nanti dengan sendirinya warga akan memulai untuk memanen air hujan, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangganya”, tutup walikota. (HARI)