Beranda Maluku Utara Ini Cara PUPR Atasi Masalah Banjir dalam Kota Ternate

Ini Cara PUPR Atasi Masalah Banjir dalam Kota Ternate

382
0
BAGIKAN
Foto : Hari

Gamalamanews.com – TERNATE, Tugas besar untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Ternate, adalah mengatasi sering meluapnya air hujan melalui drainase yang disebabkan oleh semakin padatnya kawasan pesisir.  Sehinggah level tanah lebih tinggi di kawasan pesisir di bandingkan pemukiman penduduk, disinyalir akan segera teratasi.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Risval Tri Budiyanto saat di wawancarai via mesanger menuturkan “Rencananya PUPR tidak lagi mengutamakan gaya gravitasi untuk drainase dibeberapa titik di Kota Ternate, untuk mengantisipasi debit air berlebihan saat curah hujan tinggi, kedepannya akan kita terapkan penggunaan pompa air untuk mendorong air ke arah outlet”, jelasnya.

Lanjutnya, penggunaan pompa ini sendiri rencananya akan diterapkan pada Tahun Anggara 2018.
Titik-titik lokasi yang disebabkan penurunan itu antara lain kawasan Dharma Ibu, kawasan Bastiong Karance dan  Bastiong Talangame, yang menjadi langganan banjir saat musim hujan.

“Keadaan ini sering terjadi di beberapa Kota padat penduduk. Dan di Indonesia pun sudah menerapkan teknologi penggunaan pompa ini sebagai cara mengatasi hal yang serupa  dan tidak lagi mengandalkan gravitasi untuk jalur drainase perkotaan”, tutup Risval. (HARI)