Beranda Halmahera Selatan Bahrain Didaulat Jadi Ketua KSBN Malut

Bahrain Didaulat Jadi Ketua KSBN Malut

255
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – LABUHA, Untuk mengangkat Seni dan Budaya Provinsi Maluku Utara, Khususnya Halmahera Selatan, Bupati Bahrain Kasuba di Daulat menjadi Ketua Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Maluku Utara (Malut).
Pengukuhan ini dilakukan oleh Ketua KSBN Pusat, Mayjen (purn) Drs. Hendardji Supandji SH. di Lokasi Rumah Adat Kebun Karet Labuha.

Dalam sambutanya, Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel) merasa bangga karena ditunjuk dan dikukuhkan mewakili sebagai pengurus Provinsi dan KSBN layak di Halsel karena Halmahera Selatan miniatur Indonesia.

“Kami berharap ada kerja sama yang baik agar budaya lokal Maluku Utara dikenal di kanca Nasional,”tamdas Bahrain.
Sementara, Ketuab KSBN Pusat, Mayjen (purn) Drs. Hendardji Supandji. SH, menyampaikan, KSBN adalah salah satu wadah/perkumpulan masyarakat seni budaya, untuk membantu pemerinta dalam merumuskan seni dan budaya di seluruh daerah yang ada di indonesia.

Lanjut dia, Lahirnya KSBN pada tanggal 9 Ferbruari 2017 menjadi modal utama bagi budaya Indonesia, seiring dengan terbentuknya UU Nomor 5 tentang kemajuan budaya, maka singkronisasi pemerintah terhadap seni dan budaya menjadi satu keunggulan yang baik dan berkemajuan.
“Maluku utara yang memiliki kesiapan paling baik, sehingga menjadi komisariat pertama yang dilantik pengurusnya, setelah ini akan menyusul Provinsi Jawa Tengah dan provinsi lainya,” ujarnya.

Lanjut dia, pihaknya mengambil moto Presiden Indonesia Joko Widodo, dimana. “Apabila kita bersaing di negara melalui teknologi maka sulit kita menang, namun kalau kita bersaing dalam budaya, kita akan menang,” ujarnya.

Lebih lanjut, 750 suku, dan lebih 750 budaya,
menjadi cambuk bagi kita semua untuk mengangkat keanggotaan di semua provinsi, selama 72 tahun negara kita berjalan budaya kita.

Wisata alam dan budaya menjadi berkembang dan ini yg harus kita tangkap. maka dengan adanya KSBN menjadi daya dobrak sendiri untuk kemajuan budaya.
(Raja)