Beranda Halmahera Barat Wakil Bupati Selesaikan Masalah Desa Tuguraci

Wakil Bupati Selesaikan Masalah Desa Tuguraci

386
0
BAGIKAN

Gamalamanews.com – JAILOLO, Menindaklanjuti aksi Masyarakat Desa Tuguraci, yang melakukan demo di depan Kantor Bupati Selasa kemarin, hari ini rabu 27/09/17, Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar), Ahmad Zakir Mando, turun langsung ke desa Tuguraci Kecamatan Jailolo Selatan untuk menyelesaikan desakan masyarakat untuk menurunkan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Wakil Bupati yang didampingi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD), serta kepala Bidang E-Goverament Dinas Kominfo Kehumasan Statistik dan Persandian akhirnya menemui titik penyelesaian.

Wakil Bupati, dalam pertemuan bersama masyarakat yang dipusatkan di depan kantor Desa Tuguraci, melahirkan kesimpulan bahwa desakan penurunan ketua BPD akan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah asalkan warga membuat rapat musyawarah desa yang melahirkan kesepakatan resmi menurunkan ketua BPD.

Karena, pemerintah tidak bisa mengambil langkah untuk menurunkan tanpa ada bukti kesalahan yang akurat oleh oknum BPD tersebut.

“Buatkan rapat agar ada bukti berita acara kesepakatan yang dilampirkan bukti kesalahan ketua BPD. Karena jika itu ada maka Pemda akan mengambil langkah secepat yang diinginkan masyarakat.”Penyampaian Ahmad Zakir Mando di hadapan ratusan warga tuguraci Rabu, (27/9/2017).

Menurut wakil, masalah di Desa Tuguraci merupakan masalah kecil yang tidak sulit untuk diambil langkah pemerintah jika masyarakat mengikuti mekanisme penurunan sesuai isyarat undang-undang.

Dengan itu, tidak perlu dirisaukan akan persoalan penurunan ketua BPD jika seluruh bukti secara akurat dimasukkan dengan berita acara musyawarah.

Wakil berterima kasih kepada masyarakat yang berbagi informasi yang terjadi di desa. Karena akan menjadi catatan pemerintah daerah untuk memenuhinya. Bahkan kepada pemerintah desa diharapkan lebih terbuka lagi dalam pengelolaan anggaran desa agar kedepan tidak ada kecurigaan yang berlebihan dari masyarakat.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan dengan menjalin hubungan yang baik guna pembangunan desa sehingga bisa berjalan dengan baik sebagaimana desa lain di kabupaten Halbar, tutur Zakir Mando.

Lanjutnya, “Terlebih desa Tuguraci yang belakangan memiliki generasi yang cukup banyak berpendidikan kelak melahirkan ide cemerlang untuk bersama-sama membangun desa”, ujarnya.

“Tanpa harus berteriak karena dengan saling baku bilang kita bisa selesaikan masalah sebesar apapun di desa,” tutup wakil.(UK)