Beranda Maluku Utara Ternate Barat Terancam Tidak Diikutkan Dalam Panwascam

Ternate Barat Terancam Tidak Diikutkan Dalam Panwascam

494
0
BAGIKAN

TERNATE – Status Kecamatan Ternate Barat yang hingga kini belum terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi alasan perekrutan Seleksi Panwascam Ternate Barat, terancam tidak diikutkan, meskipun Ternate Barat sudah Terdaftar di Peraturan Daerah (perda) Kota Ternate, tetapi secara sah harus terdaftar di Kemendagri.

“Kita tidak berani mengambil resiko untuk merekrut Panwascam Ternate Barat, memang betul sudah terdaftar dalam Perda Kota Ternate, tetapi secara sah belum terdaftar di Mendagri. Karena itu, Panwascam ini nanti melakukan pengawasan bukan hanya pada pemilihan Gubernur (Pilgub), tetapi juga pada Legislatif dan Pilpres,” kata Devisi Hukum Panwaslu Kota Ternate, Asrul Tampilang kepada wartawan di Sekretariat Panwas Kota, Jumat (29/9).

Selain itu, mantan Devisi Hukum Panwas Tidore Kepulauan ini mengatakan, sejauh ini Panwas belum mendapatkan surat resmi dari Pusat terkait dengan Kecamatan Ternate Barat. Karena itu Panwas tidak mau mengambil resiko untuk membuka rekrutmen di Kecamatan yang bersangkutan.

“Kita takuti belum disahkan oleh Mendagri ini akan berdampak pada Legislatife dan Pilpres, memang kalau untuk Pilgub tidak terlalu bermasalah karena menggunakan anggaran daerah. Tetapi untuk Legislatif dan Pilpres ini gunakan anggaran Negara atau Pusat. Kita takut rekrut mereka lalu kedepan Kecamatan Ternate Barat namanya tidak masuk dalam perubahan anggaran. Itu problem juga bagi kita,” ucapnya.

Panwas, lanjut Asrul, sudah berkoordinasi juga dengan pimpinan Bawaslu Provinsi menyangkut perekrutmen ini. Tentu, Bawaslu juga ingatkan ke Panwas Kota Ternate agar jangan mengambil resiko hingga ada surat yang sah dari Pemerintah. “Saya juga sudah telepon di Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin untuk menanyakan hal ini. Ketua juga tidak setuju kalau belum ada surat dari Pemerintah Kota,” ujarnya.

“Kita berharap kepada Pemerintah Kota Ternate dapat berinisiatif secepat mungkin untuk berkoordinasi dengan Mendagri. Kalau tidak, Panwascam Ternate Barat kita tidak berani melakukan perekrutmen,” tutup Asrul.(HARI)