Beranda Halmahera Selatan Satu Ruang Kelas Dilalap si Jago Merah

Satu Ruang Kelas Dilalap si Jago Merah

183
0
BAGIKAN

LABUHA – Satu bangunan milik Madrasah Tsanawiah Mts Albadria Kupal, Desa Kupal Kecamatan Bacan Selatan, Rabu, (4/10) dilalap si jago merah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 wit. Saat itu, para siswa baru saja meninggalkan sekolah.
Satu bangunan ruang kelas belajar (RKB), tiba-tiba meengeluarkan asap dan membuat warga disekitar panik.

“Satu bangunan pondok santri hancur di bagian atap, dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ujar Samsul Ikbal, relawan pemadam kebakaran.

Situasi saat kebakaran terjadi

Awalnya ketika para siswa meninggalkan sekolah/jam pulang sekolah tiba-tiba salah seorang siswa yang melihat asap dari salah satu ruang bangunan, kemudian api terus membesar dan hampir saja menghanguskan seluruh ruangan lain beserta perabot di dalamnya.

“Berkat kesigapan masyarakat dan para siswa dibantu 2 unit mobil pemadam kebakaran , api bisa dipadamkan dengan cepat sehingga tidak merambat ke bangunan lainya,” lanjut Samsul.

Samsul, menuturkan, penyebab kebakaran diduga dari hubungan arus pendek listrik atau korslet listrik dan sementara jumlah kerugian masih dihitung.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) MTs Albadariah Kupal Muhammad Safie M Sangaji, mengatakan, ruang yang terbakar adalah rumah kelas II C. Saat kejadian, semua siswa dan guru sudah pulang, karena sudah jam pulang belajar.

“Semua siswa dan guru sudah pulang, jadi saat kebakaran semua siswa dan guru tidak ada,” ujarnya.
Kepsek menduga, kebakaran mungkin terjadi akibat arus pendek listrik karena sudah tidak ada lagi guru dan murid di sekolah.

Kepsek belum bisa menaksir kerugian akibat kebakaran, “Kami belum bisa taksir kerugian,” ujarnya. Sementara itu, Faisal, salah satu saksi mata menjelaskan, dirinya bersama teman sempat melihat ada asap yang keluar dari dalam lemari yang ada di dalam kelas sebelum terjadi kebakaran.

“Torang lia di dalam lemari, dia tabakar, ada buku buku yang sudah tabakar,” ujar Faisal.
Karena melihat buku dalam lemari sudah terbakar, Faisal langsung melaporkan kejadian ke warga dan warga ambil langkah untuk melakukan pemadaman.
Kapolsek Bacan Iptu Hastinur menjelaskan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap kebakaran ini. (Raja)