Beranda Maluku Utara Eratkan silaturahmi, Putra-Putri Kesultanan Ternate Gelar Pertemuan

Eratkan silaturahmi, Putra-Putri Kesultanan Ternate Gelar Pertemuan

754
0
BAGIKAN

TERNATE – Menjalin silaturahim antar sesama, anak cucu almarhum Sultan Ternate Mudaffar Sjah dan Kapita Lao Abdul Hamid Iskandar Djabir Sjah, melakukan pertemuan guna mempererat persaudaraan.

Salah satu anak Almarhum Sultan, Firman Mudaffar Sjah mengatakan, pertemuan kaka beradik ini baru dilakukan karena selama ini masing-masing memiliki kesibukan tersendiri. Silaturahim ini juga untuk memperjelas ke publik bahwa putra-putri Kesultanan Ternate selalu bersama.

“Dari luar mungkin terkesan kita beda pendapat atau bagaimana, tapi pertemuan ini sekaligus membuktikan bahwa anak-anak dari almarhum Sultan Mudaffar Sjah itu sebenarnya kita selalu bersama-sama. Yang hadir malam ini anak-anak, suami-istri dan cucu semua ada di sini,” jelas Firman, Rabu (4/10/2017) malam.

Dalam pertemuan kali ini, juga dihadiri anak dari Kapita Lao Abdul Hamid Iskandar Djabir Sjah, Sofyan Hamid Sjah, pertemuan bertempat di Pendopo Keraton Sultan Ternate, guna membicarakan nasib Kesultanan Ternate kedepan sehingga banyak program yang dibahas untuk dilakukan dimasa mendatang.

“Kita berkumpul membicarakan bagaimana kesultanan ke depan, sehingga ada banyak program-program yang kita bicarakan termasuk Legu Gam. Pertemuan ini lebih banyak pada silaturahim, yang di Ternate malam ini semua ada,” jelasnya.

Firman mengaku, pihaknya sangat terbuka dengan siapa saja termasuk masyarakat adat, masyarakat adat kalau selama ini mereka tidak bersuara itu bukan karena tidak ada perhatian tapi mungkin situasi sehingga semua pihak bisa menahan diri.

“Pertemuan malam ini untuk meredam atau menunjukkan bahwa kita ini hubungan silaturahim terjadi dengan baik. Kalau misalnya ada beda pendapat atau lainnya, itu hal yang biasa, saya kira setiap keluarga seperti itu, normal itu tapi tidak pernah kita saling menjatuhkan satu dengan yang lain,” cetusnya.

Terpenting memikirkan Kesultanan Ternate kedepan, yang belakangan ini dianggap fakum karena tidak adanya ritual-ritual yang tidak dijalankan secara maksimal. Sebab, akan berpengaruhi terhadap alam ini sendiri.

Pertemuan Silaturahmi ini dihadiri, Monalisa Mudaffar Sjah, Muhammad Gazali Mudaffar Sjah, Hidayat Mudafar Sjah, Ayasofia Mudaffar Sjah, Wiryawati Mudafar Sjah, Firman Mudaffar Sjah, Sahmardan Mudaffar Sjah. Anak Kapita Lao Abdulhamid Iskandar Djabir Sjah, Sofyan Hamid Sjah. (HI/RDX)