Beranda Halmahera Selatan Bahrain : Suku Togale Harus Bisa Bahasa Togale , Tarian Cakalele, Dan...

Bahrain : Suku Togale Harus Bisa Bahasa Togale , Tarian Cakalele, Dan Hafal Mars Togale

794
0
BAGIKAN

LABUHA – Pengurus Barisan Muda Tobelo Galela (BMTG) tingkat Kecamatan dan Desa Periode 2017-2022 resmi di kukuhkan oleh Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba, yang juga selaku Dewan Pembina BMT Halsel, Sabtu (07/10/17) di Desa Yaba Kecamatan Bacan Barat Utara.

Bupati Halsel Bahrain Kasuba selaku Dewan Pembina BMTG dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari beberapa perjalanan di 30 Kecamatan yang ada di Kabupaten Halsel, hanya 26 Kecamatan bisa dilantik sebagai pengurus BMT.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh pengurus BMTG Halsel untuk selalu saling menyayangi satu dengan lain, karena dengan saling baku sayang pasti akan tercapai apa yang akan diinginkan.
“Orang Tobelo Galela itu menunjukan krakter Berbudaya, saling baku sayang dan tidak pernah menjadi pengecut,” ucap Bupati.

Sebelum menutup sambutannya, selaku Dewan Pembina BMTG Halsel ini juga, menegaskan bahwa orang Tobelo Galela harus bisa lakukan tarian Cakalale, bisa menyanyikan Mars Togale, serta bisa berbahasa Togale. Ia juga mengajak kepada BMTG mulai dari ketua sampai pengurus BMTG di desa-desa agar bisa mempunyai strategi untuk sama-sama membangun Kabupaten Halsel.

“Kadang kita berbeda tetapi Perbedaan itu adalah suatu anugrah, itu yang harus kita tunjukan kalau BMTG mempunya keberanian serta mempunyai satu tujuan yang sama membangun Halsel,” tutup Bahrain.

Sebelumnya M. Zaki Abdul Wahap, selaku Ketua BMTG Halsel menyampaikan bahwa Kabupaten Halsel patut bersyukur dan berbangga memiliki Bupati Bahrain Kasuba yang merupakan salah satu figur muda Tobelo Galela yang saat ini memimpin Kabupaten Halsel.

“BMTG Halsel harus bersama-sama dengan Pemerintah Daerah untuk mambantu tugas-tugas dari Bupati dan juga ikut serta membangun Kabupaten Halsel,” ucap Zaki.

Kabid Aset Kabid Hasel ini juga mengatakan Bahwa BMTG adalah sebagian wadah kecil saja, yang tentunya BMTG muncul untuk tidak menjadi musuh-musuh siapapun, tetapi BMT muncul untuk menjembatani saudara-saudara yang ada di pelosok Halsel untuk menyapa yang belum sempat disapa oleh Bupati Kabupaten Halsel.

Selain Bupati Kabupaten Halsel Bahrain Kasuba, hadiri pula Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Halsel, Hj.Nurlaila Muhammad, para Pimpinan SKPD, Camat Kec.Bacan Barat Utara, Kepala-kepala Desa dan Masyarakat di Kec.Bacan Barat Utara.
Acara ini selesai dan disertai dengan penyerahan KTP Elektronik, Kartu Keluarga dan Akte dari Dinas Catatan Sipil kepada kepala-kepala desa Kecamatan Bacan Barat Utara. (Raja)