Beranda Halmahera Selatan Data Parpol masih Ditunggu KPUD Halsel Hingga Batas Waktu Malam Nanti

Data Parpol masih Ditunggu KPUD Halsel Hingga Batas Waktu Malam Nanti

480
0
BAGIKAN

LABUHA – Sedikitnya lima partai politik masih ditunggu untuk melengkapi data pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), agar bisa mengikuti pemilu 2019 nanti.

Kelima Partai politik (Parpol) tersebut, yakni PKB, Partai Demokrat, Partai Berkarya, Partai Idaman dan Parsindo yang sampai saat ini belum memasukan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) ke desk Sipol KPU Halsel.

“Kalau yang sudah melengkapi data Sipol yakni, Perindo, PPP, PKPI, PBB, PDIP, Gerindara, Garuda dan PAN,” jelas Komisioner KPUD Halsel, Darmin Hi Hasyim.

Sementara, kata Darmin, empat partai lainnya, yakni partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura dan PKS masih harus dilengkapi jumlah data tambahan sipol.
“Empat partai ini sudah menyerahkan dokumen tapi belum lengkap, meskipun kesamaan data belum sama dengan data Sipol, namun batas minimum yang diserahkan sudah melampaui keanggotaan,” ujarnya.

Darmin yang saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pengisian data Sipol berakhir pada Senin 16 Oktober 2017 kemarin, hanya saja edaran KPU pusat No 580 dan No 585 tentang perpanjang waktu pendaftaran 1×24 jam, maka berlangsung sampai, deadline hingga hari ini Selasa, (17/10),pukul 00.00 Wit.

“Tanggal 17 ditutup bisa dilihat jamnya, setiap partai politik harus mengejar pengisian data Sipol-nya, kita harus menyampaikan ke semua partai, semua partai harus memaksimalkan operator penyuplai data sesuai ketentuan proses verifikasi faktual dan aktual yang harus dilakukan oleh partai politik yang akan menjadi peserta pemilu di 2019,” jelasnya.

Lanjut, Ketua Pokja Pendaftaran, Penelitian dan Verifikasi Partai Politik ini, menegaskan, jika hingga batas akhir pengisian data Sipol masih ada partai politik yang belum mengisi data, partai tersebut tidak bisa menjadi peserta pemilu khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan.

“Semua harus taat proses, karena kita memperlakukan hal yang sama kepada seluruh partai politik,” kata Dar (sapaan akrab Darmin).

Dia berharap agar setiap partai yang ingin menjadi peserta pemilu untuk segera mengisi data Sipol sebelum batas akhir.
“Seluruh partai harus kejar target, harus segera mendaftarkan diri jangan terlambat, jangan menyesal kemudian”, tutupnya.(Raja)