Beranda Halmahera Selatan Jokowi Disambut 3 Adat Kesultanan Bacan

Jokowi Disambut 3 Adat Kesultanan Bacan

1599
0
BAGIKAN

LABUHA – Kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI) nampaknya tidak hanya menjadi urusan pemerintah daerah baik provinsi Malut maupun Kabupaten Halsel, namun hal ini juga dilakukan oleh pihak Kesultanan Bacan. Bahkan saat ini Kesultanan Bacan, telah melakukan berbagai persiapan penjemputan Presiden RI Jokowi di Keraton Kesultanan Bacan Halmahera Selatan (Halsel).

Ketua panitia penjemputan dan penganugerahan Kesultanan Bacan, DR.Muhammad Abusama MSi.MM menjelaskan, saat ini semua persiapan penjemputan dan penganugerahan Presiden Jokowi telah dilakukan.
Dijelaskan, ada tiga kegiatan ritual adat yang akan dilakukan oleh Kesultanan Bacan terhadap Presiden Jokowi saat tiba di bumi Saruma nanti.

Pertama yakni ritual adat Tijak Lecak atau injak tanah saat Presiden tiba di Bandara Usman Sadik Bacan.
“Penjemputan di Bandara Usman Sadik dengan acara prosesi Adat Tijak Lecak atau injak tanah,” jelasnya.

Ditambahkan, ritual adat ini dilakukan agi pejabat yang baru menginjak atau baru berkunjung di wilayah Kesultanan Bacan.
Prosesi adat yang kedua, kata Muhammad, penjemputan Presiden Jokowi saat menuju ke Keraton Kesultanan Bacan mengunakan perahu Adat Pancawala.

“Presiden Jokowi akan di arak menuju Keraton Sultan mengunakan Perahu Pancawala saat memasuki kawasan Kesultanan Bacan,” tandasnya.

Ditambahkan, untuk prosesi adat yang ketiga yakni penganugerahan gelar adat Kesultanan Bacan kepada Presiden Jokowi.
“Penganugerahan Gelar Adat ke Presiden ini akan langsung disematkan oleh Sultan Bacan Alhaj Muhammad Gary Ridwan Gahral Sjah di Keraton Sultan Bacan,” jelas Muhammad yang juga anggota DPRD Kabupaten Halsel. (Raja)