Beranda Halmahera Selatan Bupati Minta Tambahan Insfrastruktur Ke Menko Kemaritiman

Bupati Minta Tambahan Insfrastruktur Ke Menko Kemaritiman

283
0
BAGIKAN

LABUHA – Kehadiran Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan di Halmahera Selatan (Halsel), dimanfaatkan oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba untuk menyampaikan masalah kepada Presiden RI Jokowi, melalui Menko Kemaritiman pada acara pembukaan Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017 di Dermaga Tol Laut Babang Kecamatan Bacan Timur. Dihadapan Menko, Bahrain berharap agar Presiden Jokowi dapat menambah sarana transportasi di Halsel.

“Kami harap Presiden menaikkan status jalan Provinsi menjadi jalan Nasional,” pinta orang nomor satu Halsel itu saat pembukaan WIFT.
Saat ini, kata Bahrain, Halsel memiliki akses transportasi jalan sepanjang 1.632 km, namun hanya kebagian 80 km jalan Nasional.
“Kami berharap agar dapat dinaikkan statusnya jalan Provinsi ke jalan nasional,” kata Bahrain.

Bahrain berpesan kepada Presiden Jokowi, untuk dapat memberikan bantuan penambahan landasan Bandara Usman Sadik Labuha serta panjang pelabuhaan dermaga tol laut babang yang mana mampu memasok 300 Kontener dalam sebulan.

“Komoditi lokal dan pasokan ikan telah mencapai angka yang signifikan maka perlu adanya perluasan dermaga,” ujarnya.
Dikatakan, dengan adanya penambahan bandara Usman Sadik, maka dapat membantu transportasi dan menjadi bandara alternatif jika Bandara Babullah mengalami gangguan.

Selain itu, kata Bahrain, penambahan runway bandara juga dapat membantu jalur penerbangan untuk Jamaah haji asal Halsel, dimana tidak lagi melalui Bandara Sultan Babullah namun langsung ke Bandara Hasanudin Makassar.

Saat ini, jelas Bahrain, panjang landasan Bandara Usman Sadik Labuha baru 1650 meter, dan hanya bisa didarati pesawat jenis AVT. “Kami minta ada penambahan landasan bandara Usman Sadik Labuha menjadi 5000 meter, sehingga pesawat jenis Boeing bisa mendarat,” harap Bahrain.

Bukan hanya itu, Bahrain juga meminta adanya penambahan panjang dermaga Babang serta bantuan telekomunikasi dan tenaga listrik di sejumlah desa di Halsel.
Yang lebih penting, kata Bupati, Pemkab Halsel dapat mengangkat tenaga honorer di Halsel untuk menjadi PNS terutama tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan tenaga umum.(Raja)