Beranda Maluku Utara Kapita Tahane Malut Dibentuk, Asrul Rasid Ichsan Didaulat jadi Ketua

Kapita Tahane Malut Dibentuk, Asrul Rasid Ichsan Didaulat jadi Ketua

994
0
BAGIKAN

TERNATE – Komunitas Pemuda Tahane (Kapita Tahane), Maluku Utara resmi dibentuk, Sabtu 09/12/17.

Komunitas yang dibentuk oleh sejumlah Tokoh Makean Tahane ini secara aklamasi memilih Asrul Rasid Ichsan sebagai Ketua Umum Komunitas Kapita Tahane, dan Sekertaris Ahmad Ibrahim, Bendahara Fahima, serta Ketua Harian Iki Sukardi.

Ketua terpilih, Komunitas Pemuda Tahane (Kapita Tahane) Asrul Rasid Ichsan mengatakan, pembentukan Kapita Tahane ini merupakan wadah silaturahmi kelurga Makean Tahane yang ada di Provinsi maluku Utara maupun di luar maluku utara, karena selama ini kita tidak punya wadah resmi untuk bersilaturahmi.

Selain Wadah silaturahmi, pembentukan kapita Tahane ini juga untuk mengumpulkan data dan bukti sejarah Kapita Tahane yaitu Muhammad Aruf Billah yang merupakan kapita Tahane dan juga Sultan Jailolo pada periode kedua kesultanan Jailolo, jelas Asrul.

“Sulit kita membanggakan ketokohan seorang Kapita Muhammad Arif Billah, kalau kita tidak tau sejarahnya, ini sulit karena di masa kita ini hampir tidak ada yang mengetahui sejarah itu, karena tidak ada yang memberitahukan kepada kita, padahal ini adalah identitas sosial orang Makean Tahane”.

lanjut Asrul, “Untuk itu terbentuknya Komunitas Pemuda Tahane (Kapita Tahane) ini untuk mencari sejarah Kapita Tahane Muhammad Arif Billah”. Namun menurut sejarah yang ditulis oleh Adnan amal Tomagola, Muhammad Arif Billah diangkat menjadi Sultan Jailolo oleh Sultan Nuku.

Sultan Nuku mengangkat Sangaji Tahane sebagai Sultan Jailolo dengan gelar Muhammad Arif Billah. Diawal karinya, Billah menjabat Sangaji Tahane (Makean), kemudian selama 13 tahun mejabat Jogugu Kesultanan Tidore, sejak berkuasanya Sultan Kamaluddin, kakak dari Sultan Nuku (1784-1797), ungkap Asrul.

Sementara itu, Ketua Harian Kapita Tahane, Iki Sukardi menyampaikan, untuk pelantikan pengurus Kapita Tahane akan dilakukan di Desa Tahane, Kabupaten Halmahera Selatan dalam waktu dekat.

Lanjut Iki, selain melakukan pelantikan Pengurus Kapita Tahane juga akan dilaksanakan Kerja Bakti pembersihan Desa Tahane, serta dilaksanakannya tarian adat akbar atau Tarian Togal pada waktu pergantian Tahun.

“Untuk itu disampaikan kepada seluruh warga Makian Tahane yang berada di 10 Kabupaten Kota di Maluku Utara, maupun di luar Maluku Utara untuk bisa hadir pada acara pelantikan pengurus Kapita Tahane, bakti sosial dan tarian adat akbar”, tandas Iki. (HI)