Beranda Halmahera Selatan Dua Puskesmas Di Halsel Siap Diakreditasi

Dua Puskesmas Di Halsel Siap Diakreditasi

733
0
BAGIKAN

LABUHA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), mengadakan pertemuan dengan Pra Survey Akreditas Puskemas Bibinoi, yang dihadiri oleh Asisten II Bidang Administrasi Muchlis Sangji, Asisten III Bidang Pembangunan Yusup Taudin, Kepala Dinas Kesehatan dr. Juri Hendrajadi, Kepala Puskesmas Jumiati, S.KM, serta staf Puskesmas Bibinoi dan Ketua Tim Pra Survey Reyni Anasiru S.KM,dan Camat Bacan Timur, Minggu (17/12/2017). Di Canga Matau Kawasan Hutan Karet.

Dalam sambutan Bupati Halsel yang diwakili oleh Asisten II Muhlis Sangaji mengucapkan selamat datang kepada Tim Pra Survey di bumi Saruma. Muhlis juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan sangat mendukung pelaksanaan akreditasi Puskesmas, karena ini adalah salah satu kegiatan yang memang harus dilaksanakan.

“Untuk saat ini Pemerintah Daerah memprioritaskan pelayanan kesehatan dan pendidikan, dengan cara menggratiskan semua pelayanan kesehatan dan pendidikan,” jelasnya.

Asisten II di pemkab Halsel juga berharap agar Dinas Kesehatan terus bekerja semaksimal mungkin agar Puskesmas di seluruh Kecamatan dapat terakreditasi.
Sebelumnya dr. Juri Hendrajadi selaku Kepala Dinas Kesehatan Halsel mengatakan bahwa, Peraturan Menteri Kesehatan nomor 75 Tahun 2014, salah satu pasalnya disebutkan bahwa dalam rangka peningkatan mutu, maka Puskesmas wajib diakreditasi setiap 3 tahun sekali.

Sementara untuk penilaian akreditasi ini dilakukan oleh Komite Independent yang ditunjuk oleh Menteri Kesehatan.
Menurutnya, Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) khususnya Dinas Kesehatan mengikuti regulasi itu, dan kemarin sudah selesai Akreditasi Puskemas Labuha kemarin dan sekarang giliran Puskesmas Bibinoi.

“Kita dahulukan dua Puskesmas ini duluan karena memang setelah melalui evaluasi dari berbagai sisi kesehatan, SDM, sarana prasarana dan penunjang lainnya maka kami anggap dua Puskesmas ini yang memang layak”, ungkapnya
Kemudian Pada kesempatan yang sama pula, Ketua Tim Pra Survey Akreditasi Reyni Anasiru menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Akreditasi Puskesmas adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kesehatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi SDM kesehatan masyarakat dan lingkungannya serta Puskesmas sebagai institusi pelayanan kesehatan, dan meningkatkan kinerja dalam pelayanan kesehatan perorangan dan kesehatan masyarakat.

“Kali ini kita diajak untuk bisa mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan agar supaya 3 tujuan ini bisa di ukur sejauh mana kita laksanakan dan bisa kita capai”, ujar Reyni. (Raja)