Beranda Halmahera Selatan Puluhan Kades Aktif Ikut Pencalonan Pilkades

Puluhan Kades Aktif Ikut Pencalonan Pilkades

289
0
BAGIKAN
Kaban DPMD Halsel, Bustamin Soleman

LABUHA – Pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak tahap kedua di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang akan berlangsung dalam waktu dekat, juga diikuti puluhan kades aktif.

Tercatat sekitar 20 kades yang ikut pencalonan dan hingga saat ini mereka masih tetap menjabat. Para kades tersebut pun masih menjalankan roda pemerintahan, padahal isyarat ketentuan, kades yang mencalonkan diri harus mengundurkan diri sebagai prasyarat pencalonan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halsel, Bustamin Soleman dikonfirmasi membenarkannya. Pihaknya mengakui ada sekitar 20 kepala desa yang ikut mencalonkan diri pada Pilkades serentak tersebut. Meksi begitu, Bustamin mengaku, para kades yang kembali maju bertarung tersebut telah mengajukan pengunduran diri. Menurut Mantan kepala BPBD Halsel ini, SK pemberhentian terhadap kepala desa yang kembali mencalonkan diri itu saat ini sedang di proses dan kemungkinan sudah keluar dalam minggu ini.

“Mereka sudah mengajukan pengunduran diri dan sementara di proses, ada undur parmanen dan ada yang undur sementara, “akunya. Yang jelas lanjut Bustamin, para Kades yang ikut mencalonkan diri itu tetap akan diganti, paling lambat 10 hari sebelum hari H Pilkades. (Raja)