Beranda Maluku Utara Pilgub 2018, Polda Malut Terjunkan 2 Anjing milik Polisi

Pilgub 2018, Polda Malut Terjunkan 2 Anjing milik Polisi

692
0
BAGIKAN

TERNATE – Apel gelar pasukan Mantap Praja 2018 dalam rangka pengamanan pemilihan Gubernur Maluku Utara, yang difokuskan di lapangan Perikanan Bastiong Ternate Selatan Jumat (05/1/2017).

Sepintas ada yang sedikit berbeda dari seluruh peserta Apel, tampak satu barisan yang terdiri dari lima orang Anggota Kepolisian Polda Malut, dengan  dua ekor anjing jenis Healder, dilehernya tampak sebuah kalung yang melekat tulisan “Polisi K-9”.

Salah satu anggota unit K-9 Polda Malut, Briptu Joni Tuhulima kepada wartawan mengungkapkan, untuk Polda Maluku Utara ada delapan ekor, masing-masing tugasnya dua ekor untuk Handak (bahan peledak). Dua ekor untuk narkotik, dan sisanya cakum (Cakupan Umum).

“Dua ekor anjing polisi yang hadir bersama pasukan mengikuti apel siaga hari ini satunya untuk Dalmas dan satunya untuk Cakum,
Dalmas bertugas untuk pengurai masa sedangkan untuk cakum  bertugas melacak umum,” ujar Bribtu Joni.

Menurut dia, rata-rata tiap hari kita latihan untuk menunjang pelaksanaan tugasnya, sedang terakhir pengiriman anjing polisi yang memiliki nama Daro dan Jors, ke Polda Malut masih pada usia satu tahun, dengan ras Healder.

“Ketika Daro dan Jors datang, itu sulit untuk merawat maupun melatih mereka, karena kondisi daerah kita yang sangat panas akibatnya bulu mereka menjadi rontok, jadi kita menyesuaikan juga lama sekali tetapi setelah itu akhirnya mereka bisa menyesuaikan,” pungkasnya. (HT)