Beranda Maluku Utara Pembuatan Lubang Tangkapan Air Jadi Solusi atasi Genangan

Pembuatan Lubang Tangkapan Air Jadi Solusi atasi Genangan

469
0
BAGIKAN
Dinas PUPR Kota Ternate saat membuat lubang resapan air. Foto: Dinas PUPR Kota Ternate

TERNATE – Pemerintah Kota Ternate, Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus berupaya semaksimal Mungkin untuk memperbaiki jalur air menuju drainase, terutama di kawasan-kawasan yang seringkali tergenang meski tensi hujan hanya sebentar, Kamis (18/1/2018).

Kepala Dinas PUPR Risval Tribudiyanto kepada wartawan media ini, mengatakan bahwa pembuatan lubang tangkapan air ke drainase tujuannya untuk menyikapi musim penghujan, PUPR Ternate melakukan kegiatan pembuatan lubang tangkapan air agar memaksimalkan fungsi drainase.

“Pekerjaan ini dilakukan di daerah rawan genangan atau banjir utamanya didepan kawasan gereja ayam, sampai ke areal Dharma ibu,” ucap Risval.

Kata Risval, hal ini dilakukan untuk mencegah aliran air yang mengalir di badan jalan yang mengakibatkan penumpukan air di satu titik yakni di kawasan Dharma Ibu.

Lubang tangkapan air solusi atasi genangan

Meskipun PUPR telah berusaha akan tetapi jika tidak didukung dengan kesadaran Masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan mereka.

“Untuk itu dalam seminggu ini PUPR Ternate telah berupaya memaksimalkan saluran drainase yang ada, namun kesadaran masyarakat jauh lebih dituntut dalam pelaksanaan kegiatan ini,” ujarnya.

Lanjut Kata Risval, diharapkan mainzet Masyarakat bisa lebih berubah karena sebaik apapun fasilitas yg dibangun oleh masyarakat namun tdk merubah pola pikir maka sama saja.

Contohnya di beberapa barangka (kali mati) masih saja terdapat masyarakat yg kurang atau belum sadar membuang sampah di kali mati. “Hingga berakibat terjadinya penyumbatan saluran,” pungkasnya. (HT)