Beranda Maluku Utara Peminat Kartu Kuning Meningkat, Lapangan Kerja Minim

Peminat Kartu Kuning Meningkat, Lapangan Kerja Minim

630
0
BAGIKAN

TERNATE – Berdasarkan data yang diterima Dari Dinas Ketenagakerjaan  (Disnaker), pembuatan kartu kuning di Kota Ternate melalui Disnaker terus mengalami peningkatan, pada tahun 2017 pembuatan kartu kuning sebanyak 3.439 yang dikeluarkan oleh Disnaker setempat.

Kepala Dinas (Kadis) Disnaker KotaTernate,  DR Yusuf Sunya, saat dikonfirmasi, Kamis (18/1/2018) mengatakan, peminat pembuatan kartu kuning di Ternate terus mengalami peningkatan pertahun, peningkatan pertahun capai 25 persen.

Lanjutnya, “Rata-rata yang melakukan pembuatan kartu kuning merupakan para pencari kerja, dan pelamar kerja bukan hanya pada tamatan SMA namun para sarjana yang melamar kejara di sejumlah PT maupun CV yang ada di Ternate. “Kartu kuning atau Ak1 merupakan persyaratan untuk perncari kerja, “jelasnya.

Sementara itu,  peningkatan pembuatan kartu kuning juga terus mengalami peningkatan setiap tahun, karena banyak lulusan yang melamar kerja di PT,  peningkatan meningkatan dari 15 hingga 25 persen.

“Tiap tahun selalu naik, tapi kalau rata2 sekitar 15-25 persen, “ungkapnya.
Untuk pembuatan kartu kuning, Disnaker tidak mempunyai target,  berapa banyak masyarakat yang melakukan pembuatan kartu kuning Disnaker selalu siap untuk mengeluarkan kartu kuning. “Kita selalu siapkan setiap tahun itu sudah wajib berpapun permintaan kita layani”, jelasnya.

“Berapapun kebutuhan masyarakat selalu kita siapkan. Karena ini bagian dari pelayanan. Yang jadi masalah adalah ketersediaan lapangan kerja yang minim,” pungkasnya. (HT)