Beranda Maluku Utara Hanya dengan 238 Orang Pekerja, Ternate Tampak Bersih

Hanya dengan 238 Orang Pekerja, Ternate Tampak Bersih

611
0
BAGIKAN
Ilustrasi petugas kebersihan di jalan raya

TERNATE – Tahun 2018 ini tercatat sebanyak 95 orang penyapu jalan dan 143 orang buruh pengangkut sampah di Pemerintah Kota Ternate di bawah Dinas Lingkungan Hidup, Kota Ternate, jumlah keseluruhan pekerja yang menangani sampah langsung sebanyak 238 orang, yang tiap hari selalu setia membersihkan kota ini.

Kepala Seksi Pengurangan Sampah dan Limbah B3 DLH Kota Ternate, Asmal saat dikonfirmasi koran ini, menjelaskan,  DLH memiliki banyak pegawai penyapu jalan dan masing-masinh tersebar di lokasi yang telah ditetapkan,  semua penyapu jalan tersebut terus dibawah pengawasan pegawai DLH.

“Penyapu jalan Kota Ternate sebesar 95 orang, sejumlah tenaga kerja ini tetap dibawah pengawasan pegawai DLH”, ungkapnya.

Sedangkan buruh penyapu sampah juga sangat banyak, dan diharapkan bisa optimal dalam pengangkutan sampah di Kota Ternate ini sendiri. “Buruh pengangkut sampah sendiri sebanyak, 143 orang, dengan jumlah ini diharapkan agar bisa optimal dalam pengoperasian pengangkutan sampah”, harapnya.

Sementara itu,  sistem pembayaran upah untuk penyapu jalan satu bulan Rp 1.800.000, namun sistem pembayaran yang dilakukan dalam satu bulan dua kali bayar. “Pembayaran kita lakukan dua kali dalam sebulan pada tanggal 15 dan 3,” ungkapnya.

Menurutnya, pembayaran dihitung per hari,  dan jika ful kerja maka dua minggu dibayar Rp 900.000, “Jadi satu bulan itu Rp 1.800.000,” singakatnya. (HT)