Beranda Maluku Utara Sahrani: 12 Parpol Lolos Verifikasi Faktual, namun Belum Tentu Lolos Verifikasi Nasional

Sahrani: 12 Parpol Lolos Verifikasi Faktual, namun Belum Tentu Lolos Verifikasi Nasional

322
0
BAGIKAN

TERNATE – 12 Partai Politik (Parpol) Dewan Pengurus Daerah Provinsi Maluku Utara, dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), melalui pleno KPU Selasa 30/01/18 sore tadi.

Namun dua belas partai yang lolos verifikasi di provinsi ini belum tentu lolos verifikasi nasional karena masih menunggu verifikasi faktual pengurus di 10 Kabupaten Kota.

Dua belas partai dewan pengurus daerah yang lolos ferivikasi adalah, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Demokrat, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Ketua KPU, Sahrani Somadayo, kepada sejumlah awak media di kantor KPU mengatakan, dua belas partai dewan pengurus daerah ini, dinyatakan lolos verifikasi setelah Senin 29 Januari kemarin, KPU dan Bawaslu melakukan verifikasi domisili kantor, keterwakilan tiga puluh persen perempuan dan kepengurusan partai, semua partai memenuhi ini.

“Dua belas partai yang lolos verifikasi tersebut memenuhi syarat yakni kepengurusan partai, keterwakilan tiga puluh persen perempuan dan domisili kantor”, ungkap Sahrani.

Namun dua belas partai yang lolos verifikasi di provinsi ini belum tentu lolos verifikasi nasional karena masih menunggu verifikasi faktual pengurus di 10 kabupaten kota yang dimulai Selasa hari ini, tutur Sahrani.

“Sementara itu PKPI dan beberapa partai lainnya, di daerah otonomi baru seperti Kabuapaten Pulau Taliabu, diwajibkan untuk melakukan verifikasi faktual seperti dengan partai baru, sebab pada pemilu 2014 mereka tidak mengikuti verifikasi”, tutup Sahrani. (HI)