Beranda Maluku Utara 12 Partai Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Kota Ternate di Verifikasi Faktual

12 Partai Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Kota Ternate di Verifikasi Faktual

693
0
BAGIKAN

2019 Demokrat menargetkan 5 Kursi di DPRD

TERNATE – Setelah 12 Partai Tingkat provinsi di verifikasi, Selasa 30/01/18 kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate melakukan verifikasi faktual (Verfak) keanggotaan, kepengurusan, perwakilan 30 persen kuota perempuan dan kedudukan kantor partai politik (Parpol) Kabupaten 10 Kota.

Di Ternate, Selasa (30/01/18) kemarin, KPU memverfak 6 Parpol yakni Golkar, Nasional Demokrat (NasDem), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Namun sisanya KPU melakukan verifikasi Rabu 31/01/18 . KPU bersama Panwaslu melanjutkan verfak 6 Parpol lainnya yakni Demokrat, Partai Keadialan dan Persatuan Indonesia (PKPI ), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan PDI Perjuangan (PDI-P).

Ditemui usai verfak partai Demokrat di Sekretariat DPC Demokrat Kota Ternate, Komisioner KPU Kota Ternate, Soleman Patras mengatakan, dihari pertama, dari enam Parpol Golkar yang masuk kategori belum memenuhi syarat (BMS).

Pasalnya, syarat keanggotaannya masih kurang. “Syarat keanggotaan untuk Kota Ternate itu 215 orang, diambil sampel 5 persen. Sebagian anggotanya tidak hadir, sehingga kami minta agar nanti dihadirkan. Tapi bukan tidak memenuhi syarat melainkan belum memenuhi syarat keanggotaannya. Untuk syarat kepengurusanan, perwakilan 30 persen kuota perempuan dan kedudukan kantor, memenuhi syarat,”ucapnya Patras.

Untuk DPC Demokrat, kata Patras, empat syarat verfak semuanya terpenuhi, ungkap Patras.

Untuk Parpol yang belum memenuhi syarat (BSM) Patras menyarankan agar hari ini segera diselesaikan, Karena menurutnya, berdasarkan peraturan KPU Nomor 5 tahun 2018, hanya tiga hari batas waktu verfak.

“Kami berharap Parpol bisa anggota yang belum hadir agar bisa dihadirkan. Karena waktu verfak berakhir besok (hari ini). Jika tidak tentunya tidak memenuhi syarat keanggotaan,” tandasnya.

Sementara, Ketua DPC Demokrat Kota Ternate, Abdullah Taher mengatakan, dengan terpenuhinya syarat verfak, maka partai berlambang mercy ini menargetkan jumlah kursi DPRD Kota Ternate bakal bertambah dari 3 kursi menjadi 5 kursi.

“Dengan kelengkapan infrastruktur partai ini, maka kami targetkan jumlah kursi DPRD Kota Ternate yang sebelumnya 3 kursi akan bertambah 5 kursi,” tukas Abdullah.

Selain itu, Parpol yang masih memiliki kekurangan bisa melengkapinya dengan masa perbaikan selama tiga hari. Terhitung sejak tanggal 2 Februari sampai 5 Februari. (HI)