Beranda Maluku Utara Sofyan Wahab: Pengadaan PUPM, B2SA, dan KRPL

Sofyan Wahab: Pengadaan PUPM, B2SA, dan KRPL

344
0
BAGIKAN
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate Sofyan Wahab

TERNATE – Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate tahun 2018 telah menyiapkan tiga program unggulan yakni Pengadaan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM), Lomba Cipta Menu Makanan Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dan Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pengembangan Pangan (KRPL)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate Sofyan Wahab, kepada wartawan (1/2/2018) mengatakan ketiga program ini merupakan gerakan kemandirian yang harus diiplementasikan ditahun 2018 sebagai program unggulan yang harus menjadi indikator Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate.

Menurutnya, untuk program PUPM harus dibentuk dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis agar rantai distribusi pemasaran terintegrasi lebih efisien dan juga mengoptimalkan harga pasar seperti Bawang Rica Tomat (Barito).

” Mengoptimalkan harga pasar terkait dengan Barito sebagai bagian dari fungsi dinas pangan yang akan mengawasi distributor yang ada di Kota ternate, ” jelasnya.

Sofyan juga menambahkan, selain PUPM ada juga B2SA yang menjadi program unggulan berbasis sumber daya lokal untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi B2SA khususnya ibu rumah tangga yang bertanggungjawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga.

” Dinas Pangan akan membuka lomba trerkait dengan B2SA maka diharapkan masyarakat khusunya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan, mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari, ” Pungkasnya.

Lanjut dia, untuk program unggulan Pemanfaatan KRPL merupakan pengembangan sebuah program masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah.

Misalnya, rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan sebagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan seperti pekarangan rumah yang ditanami berbagai macam tanaman sayuran.

“Ketiga program ini yakni PUPM B2SA dan KRPL merupakan program unggulan dalam rangka meningkatkan kebutuhan petani dalm bentuk keluarga rumah tangga yang bisa Kerja sama antara Kota dan Provinsi melalui program segitiga emas yang sudah digagas Pemkot Ternate, Tidore dan Hal-bar, ” tuturnya. (Ty)