Beranda Maluku Utara Jais Kuna: Musyawarah AMPP -TOGAMMOLOKA Dan Konsolidasi Politik Praktik

Jais Kuna: Musyawarah AMPP -TOGAMMOLOKA Dan Konsolidasi Politik Praktik

357
0
BAGIKAN

TERNATE – Musyawarah Daerah ke VVI (tujuh) dan dialog publik Asosiasi Mahasiswa Pemuda Pelajar Tobelo, Galela, Malifut, Morotai, Loloda, Kao (AMPP TOGAMMOLOKA) Provinsi Maluku Utara periode 2018-2020. Kegiatan pembukaan musyawarah tersebut dihadiri oleh sejumlah pengurus AMPP TOGAMMOLOKA, sesepuh, akademisi, OKK serta OKP se-Maluku Utara.

Ketua TOGAMMOLOKA Jais Kuna, Ketika diwawancarai wartawan Rabu (20/02/2018 ), dirinya menuturkan musyawarah ini secara substansi dari seluruh rangkaian ada pada tema yang tuliskan tentang penguatan peran organisasi dan tradisi akademik dalam merespon perubahan sosial budaya,
“Musyarawarah ini adalah bentuk konsolidasi seluruh OKK yang dibawah naungan TOGAMMOLOKA, untuk sama-sana menjalankan roda organisasi,” ujarnya.

“Harapan saya sebagai ketua kedepannya, organisasi ini tidak hanya mengurus urusan-urusan kosolidasi politik praktik semata, tapi kita bisa berpikir sebagaimana yang dituliskan pada tema tersebut,” tambahnya.

Jais juga mengatakan bahwa tidak ada TOGAMMOLOKA yang dualisme, sebab ketua diangkat berdasarkan ADRT yang berlaku, soal dualisme adalah dinamika dalam organisasi. Pesannya agar, seluruh pemuda-pemudi tidak hanya hadir dalam musyawarah AMPP TOGAMMOLOKA tetapi dalam setiap agenda yang dijalankan pun turut terlibat.

“Sejarah telah membuktikan betapa besar konstribusi kaum muda dalam menentukan arah serta masa depan bangsa dan negara ini misalnya pada tahun 1906, 1928, sampai dengan runtuhnya rezim otoriter pada tahun 1998 yang dikenal dengan reformasi yang merupakan bagian dari momentum besar dalam sejarah bangsa ini”, ungkapnya M. Risky Sibua

Berangkat dari tema itu adalah bagaimana membangun sumber daya manusia, karena merupakan suatu keharusan bagi pemerintah atau membangun kualitas SDM yang siap bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Akan tetapi fakta membuktikan dari periode ke periode bahwa keinginan itu hanya menjadi cita-cita utopis, maju mundurnya sebuah bangsa tidak terlepas dari peran organisasi dan mahasiswa hal ini telah dibuktikan dalam catatan sejarah dunia.

Sehingga AMPP TOGAMMOLOKA sebagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan memiliki peran strategis dalam berkontribusi terhadap daerah ini dan pada umumnya bangsa ini Indonesia. (Ty)