Beranda Maluku Utara AHM Bersilahturahmi di Kesultanan Ternate

AHM Bersilahturahmi di Kesultanan Ternate

607
0
BAGIKAN
Silaturahmi AHM di Kadaton Kesultanan Ternate

TERNATE – Ditengah-tengah padatnya jadwal kampanye, calon Gubernur Malut, Ahmad Hidayat Mus (AHM) menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar kesultanan Ternate di Kedaton Kesultanan Ternate di Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Tengah, Rabu (07/03/2018).

Dalam kesempatan itu, Jou Ngofa Firman Sjah yang merupakan putra dari mendiang Sultan Mudafar Sjah mengatakan, Ahmad Hidayat Mus adalah bagian dari keluarga besar Kesultan Ternate, oleh sebab itu dalam rangka mengunjungi kesultanan adalah merupakan bentuk silaturahmi dengan keluarga besarnya.

“Pak Ahmad Hidayat Mus (AHM) merupakan Salahakan kesultanan yang dilantik oleh almarhum Sultan Mudafar Sjah, sehingga itu beliau datang bersilaturahmi dengan keluarga,” ungkapnya.

Firman Sjah merespon baik atas pertemuan itu, pihaknya mengaku banyak hal yang dibicarakan antara keduanya. Tetapi dirinya tidak menjelaskan secara detil apa-apa saja yang telah didiskusikan saat pertemuan berlangsung.

“Banyak hal yang kita bicarakan, tetapi kita lebih banyak bicara tentang kelestarian budaya di Kedaton Ternate ini,” jelasnya.

Lanjut Firman, respon AHM terkait dengan pelestarian budaya khususnya di Kesultanan ini cukup baik. Untuk itu lebih ditingkatkan lagi agar kedepannya lebih baik dari yang sebelumya. “Respon beliau baik, untuk itu kata beliau, banyak hal yang perlu ditingkatkan dan dibangun di Kedaton ini,” sambung Firman.

Sementara itu, AHM yang setelah menyelesaikan sholat di dalam Kedaton, kepada sejumlah media mengatakan, pihaknya secara pribadi sangat mendukung agenda-agenda dari kesultanan Ternate, yang salah satunya adalah memperingati hari kelahiran Sri Sultan Mudaffar Sjah yang dirayakan dalam bentuk pesta rakyat (Legugam) yang dihelat setiap tahun itu.

“Secara pribadi saya mensuport kegiatan legugam yang digelar pada 31 Maret 2018,” kata AHM di Pandopo Kesultan Ternate.

“Untuk itu saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat Maluku Utara mari kita ikuti dan memeriahkan kegiatan ini, dan mari kita jaga dan melestarikan budaya kebanggaan kita yaitu Kedaton Ternate,” imbuhnya.

Setelah dari Kedaton Ternate, AHM serta keluarga kesultanan ternate dan rombongan bersama-sama untuk berziarah di makam Sri Sultan Mudafar Sjah. (RLS/HI)