Beranda Halmahera Utara Mantan Birokrat Halut Ramaikan “Bacalon Legislatif”

Mantan Birokrat Halut Ramaikan “Bacalon Legislatif”

728
0
BAGIKAN

TOBELO – Pemilihan Legislatif (Pileg) tak lama lagi. Setiap Partai Politik peserta hajatan demokrasi ini, mulai memasang kuda-kuta dengan membidik dan menawarkan calon-calon yang memiliki basis rill dan banyak di kenal masyarakat.

Di Halmahera Utara misalnya, ketertarikan Parpol cenderung kepada orang-orang yang pernah menduduki kursi pimpinan birokrasi alias mantan kepala dinas.

Data yang di himpun oleh GamalamaNews.com, ada beberapa nama yang baru pensiun dan ada juga yang sementara masih dalam Masa Persiapan Pensiun.

Sebut saja, Teo Sosebeko mantan Kadis Perindgkop, Pietson Kutani mantan Kadis Pendidikan dan yang namanya baru saja bermunculan yaitu, M Roke Saway mantan Asisten dan Kepala Dinas BLH.

Teo Sosebeko dan Pietson Kutani lebih memilih Partai Perindo sebagai kendaraan politik mereka, sementara M Roke Saway lebih memilih menggunakan Partai NasDem sebagai perahu yang mengantarkannya ke kursi legislatif.

Dalam bincang-bincang rigan dengan para wartawan, M Roke Saway mengatakan, dirinya sudah siapkan diri sebagai calon wakil rakyat untuk menghadapi Pemilihan Legislatif nanti. Dirinya maju mewakili daereah pemilihan Galela dan Loloda.

“Saya sudah mengurus segala proses administrasi yang di minta oleh Partai Politik. Nasdem adalah kendaraan yang saya gunakan dalam Pileg”, kata dia tegas.

Selain M Roke Saway yang memilih Galela dan Loloda sebagai ruang aspirasinya, Teo Sosebeko pun dikabarkan memilih daerah pemilihan yang sama. Kedua kompetitor ini diharapkan membawa warna yang menarik dalam hajatan politik nasional lima-tahunan ini.

Berbeda dengan kedua calon yang memilih daerah pemilihan Galela dan Loloda tersebut, Pietson Kutani lebih memilih daerah pemilihan “kras” Tobelo.

Informasi yang di himpun, mantan kadis pendidikan terlama semasa pemerintahan Hein Namotemo ini, sudah mengurus semua proses administrasi yang menjadi petunjuk partai politik.

Suami Meli Leibo anggota DPRD aktif dari PKP Indonesia ini, sebenarnya memiliki daerah kelahiran Dokulamo Kecamatan Galela Barat, tetapi ngotot lebih memilih Tobelo untuk berkompetisi di Pileg nanti. (Enold)