Beranda Maluku Utara Muksin Amrin: Tingkat Kecurangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Menurun

Muksin Amrin: Tingkat Kecurangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Menurun

336
0
BAGIKAN

TERNATE – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara tahun 2018 yang dinilai terbaik dari berbagai kalangan, menjadi cacatan penting bagi kalangan Bawaslu dan jajarannya.

Hal ini ditandai dengan turunnya trend pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan tahapan Pilgub, termasuk pada hari pungut hitung.

Kasus politik uang juga mengalami penurunan hal ini karena kesadaran masyarakat, juga karena upaya pencegahan dilakukan Bawaslu, Panwaslu dan jajaran di seluruh Kabupaten Kota.

Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin pada sejumlah wartawan mengatakan, suksesnya Pilgub Malut harus menjadi cacatan khusus jajaran pengawas dalam menghadapi pemilu legislatif 2019.

Sebab tantangan yang akan dihadapi Pengawas pada Pileg nanti sangat kompleks, karena jumlah peserta pemilu cukup banyak, termasuk mempertahankan pelaksanaan Pemilu yang aman dan bermartabat.

“Memang ada terjadi kasus hanya saja trendnya menurun dibandingkan pilkada sebelumnya”, ungkap Muksin Amrin saat pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Konsolidasi data Hasil Pengawasan Pilgub Malut 2018, Jumat (6/7/2018) bertempat di lantai 6 Muara Hotel.

Kendati demikian lanjut Muksin Amrin, masih saja terdapat beberapa kasus termasuk pencoblosan menggunakan hak pilih orang lain dan kasus lainnya. Bawaslu berharap agar pada Pemilu tidak ada lagi pelanggaran yang signifikan.

Selaku ketua dan jajaran Bawaslu memberikan apresiasi terhadap Panwaslu Kabupaten Kota beserta jajaran Panwascam, PPL dan Pengawas TPS yang telah menjalankan tugas dengan baik. (RLS/HI)