Beranda Halmahera Utara Kadis Pendidikan Halut Warning tidak ada Pungutan Biaya Pendaftaran Siswa Baru

Kadis Pendidikan Halut Warning tidak ada Pungutan Biaya Pendaftaran Siswa Baru

480
0
BAGIKAN

TOBELO – Pembukaan tahun ajaran baru, resmi di mulai hari ini. Banyak cerita yang bermunculan dari para orang tua, persoalan mendaftarkan anaknya melanjutkan ke jenjang pendidikan berikut.

Mulai dari keterbatasan uang untuk mendaftarkan anaknya sampai kepada mengikuti kemauan anak mereka lanjut di sekolah yang diinginkan.

Di kota Tobelo Halmahera Utara, ada hal yang membanggakan ketika mendengar musim tahun ajaran baru di tahun 2019.

Sebab, keluhan para orang tua mengenai mahalnya biaya masuk sekolah, terjawab dengan tidak ada biaya pendaftaran di semua Sekolah Menengah Pertama. Khusus sekolah negeri misalnya, SMPN 1 Tobelo, sekolah yang cenderung disesaki oleh para siswa tamatan Sekolah Dasar, tidak di pungut biaya sepeser pun.

Kepala Sekolah Esak Karel Tampil, S, Pd, ketika dihubungi GamalamaNews.com mengatakan, sudah 3 tahun ini sekolahnya tidak pernah memungut biaya pendaftaran. “Kita selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, dan sudah diarahkan untuk tidak ada pungutan biaya pendaftaran. Untuk SMPN 1 Tobelo, tahun ini tidak ada biaya pendaftaran, semuanya gratis”, kata Esak Karel Tampil.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Utara, Drs. Suwarno Tongotongo menjelaskan, pihaknya akan menindak tegas kalau kedapatan ada sekolah yang memungut biaya pendaftaran.

“Tidak diperbolehkan ada biaya pedaftaran. Silahkan anda (wartawan) cek di lokasi. Kalau ditemukan, tolong tanya kepada mereka (para kepala sekolah), uang tersebut di gunakan untuk apa. Kalau kedapatan macam-macam, saya akan tindak tegas”, kata Kepala Dinas tegas. Selain SMP N 1 Tobelo, SMP N 5 satu atap desa Tolonuo, juga berlaku sama.

“Kami tidak ada biaya pendaftaran”, kata Ibrahim Nahumaruri Kepala Sekolah SMP N 5 satu atap Tolonuo.

Untuk pakaian olahraga dan perlengkapan sekolah lain, Esak Karel Tampil dan Ibrahim Nahumaruri, lebih mengarahkan orang tua calon siswa baru berbelanja di toko yang telah berkoordinasi dengan sekolah mereka.

Sekedar diketahui, di tahun ajaran baru ini, SMP N 1 telah menerima siswa baru sebanyak 361 siswa dan SMP N 5 satu atap desa Tolonuo sebanyak 41 siswa. (Enold)