Beranda Advetorial TMMD ke 102 di Kecamatan Hiri, Walikota Ternate jadi Inspektur...

TMMD ke 102 di Kecamatan Hiri, Walikota Ternate jadi Inspektur Upacara

478
0
BAGIKAN
Foto : Bucek Humas

TERNATE – TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 di Kecamatan Pulau Hiri, dipusatkan di lapangan sepakbola Kelurahan Faudu dengan komandan upacara Lettu Inf Abd. Hadji Talaohu.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Walikota Ternate, Burhan Abdurahman pada Selasa (10/7/).

Dalam sambutannya, Walikota Ternate mengatakan, TMMD merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen, pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselarasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena dampak bencana,” ujar walikota.

Dalam sambutannya walikota juga menjelaskan, program ini juga merupakan bagian dari komitmen TNI untuk ikut membangun bangsa yang secara sinergi dan berkesinambungan.

“Kegiatan TMMD ini merupakan bukti kepedulian dari segenap unsur TNI dalam upaya memperteguh sikap dan tekad kemanunggalan TNI dengan rakyat,” jelasnya.

Selain itu, Walikota Ternate juga memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi, dirinya juga menyambut baik penetapan Kecamatan Pulau Hiri sebagai lokasi pelaksanaan TMMD ke 102 ini.

“Saya menghimbau kepada seluruh perangkat daerah baik camat dan para lurah se kecamatan Pulau Hiri serta seluruh masyarakat Pulau Hiri untuk ikut mensukseskan pelaksanaan TMMD TNI, karena dengan pelaksanaan TMMD ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat terutama di kecamatan Pulau Hiri baik program fisik maupun non fisik,” harapnya.

“Saya berharap semua lapisan masyarakat dapat mendukung pelaksanaan TMMD ini sehingga dapat berjalan dengan sukses sesuai dengan rencana,” tegasnya.

Sementara Pasiter Jany CH. P dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan TMMD ini sesuai dengan surat telegram Danrem 152 Babullah nomor ST/4/2018 tanggal 2 Februari 2018 tentang perintah agar merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan TMMD 102.

Program kerja Kodim 1501 Ternate TA 2018 bidang Teritorial khusus bhakti TNI, dilaksanakan selama 30 hari terhitung mulai 10 Juli sampai dengan 10 Agustus 2018 yang bertempat di kelurahan Faudu, Tomajiko, Dorariisa, Tafraka, Togolobe dan Mado.

“Personil yang dilibatkan sebanyak 150 orang yang terdiri dari Angkatan Darat diantara Kodim 1501 64 orang, Yonif 732 Banau 45 orang, Balak Korem 152 Babullah 13 orang, Angkatan Laut 5 orang, Polri 10 orang, Pemda 13 orang,” jelasnya.

Menurutnya, sasaran kegiatan fisik yang meliputi pembuatan pagar kuburan di kelurahan Faudu panjang 54 meter, tinggi 1,5 meter. Pagar Masjid Kelurahan Doraiisa 38 meter dan tinggi 1,5 meter, pembuatan pagar kuburan umum di kelurahan Faudu sepanjang 63 meter dan tinggi 1,5 meter.

Pembuatan talud penahan tanah di kelurahan Tafraka sepanjang 100 meter tinggi 2,5 meter, pembuatan talud penahan tanah di Mado dengan panjang 15 meter dan tinggi 2,5 meter. Pembuatan pagar masjid An Nur di Togolobe dengan panjang 41 meter dan tinggi 1,5 meter. Serta kegiatan non fisik yang melibatkan sejumlah stake holder di Pemkot Ternate.

“Dukungan anggaran yang digunakan berasal dari Pemkot Ternate sebesar 800.000.000,” tegasnya.

Untuk diketahai, acara tersebut dihadiri oleh pimpinan TNI berserta seluruh prajurit TNI, perangkat daerah, camat dan lurah. (Red/PN)