Beranda Maluku Utara Tes Keswa di Puskesmas Kalumpang, Dua Orang Bacaleg Mengalami Gangguan Kesehatan

Tes Keswa di Puskesmas Kalumpang, Dua Orang Bacaleg Mengalami Gangguan Kesehatan

705
0
BAGIKAN
dr. Edlin J Pris

TERNATE – Puluhan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRS kota Ternate, menjalani tes kesehatan jiwa (Keswa) jasmani dan rohani di Puskesmas Kalumpang Kecamatan Kota Ternate Tengah.

Dari pantauan wartawan media ini, di Puskesmas Kalumpang, para Bacaleg ini melakukan tes kesehatan jiwa dengan mengisi 566 soal dengan menggunakan alat tes MMPI ( The Minnesota Multiphasic Personality Inventory).

Situasi tes Keswa

“MMPI merupakan tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa, tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat”. ungkap Dokter Edlin J Pris.

Tes kesehatan jiwa (Keswa) jasmani dan rohani ini dimulai sejak Selasa lalu hingga Kamis 12/07/18, dan peserta tes sudah mencapai 41 orang.

“Dari tes kesehatan jiwa (Keswa) jasmani dan rohani yang di ikuti oleh 41 orang terdapat 2 orang yang mengalami gangguan kesehatan, namun kita akan lakukan tes kembali dengan tidak dibebankan biaya kepada mereka karena boleh jadi mereka pada waktu tes mengalami setres menghadapi soal-soal atau ada masalah pribadi lainnya”, tutur Dokter Edlin.

Lanjut dokter, hasil tes kesehatan jiwa (Keswa) jasmani dan rohani ini akan kami serahkan ke KPU untuk bukti pemeriksaan dan pertanggungjawaban kami.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Maluku Utara, Kasman Tan mengatakan, “Tes kesehatan jiwa (Keswa) jasmani dan rohani untuk Maluku Utara, KPU RI merekomendasikan hanya kepada 2 rumah sakit yakni Rumah Sakit Tidore dan Rumah Sakit Tobelo serta sejumlah puskesmas, termasuk puskesmas Kalumpang Kecamatan Kota Ternate Tengah”, tutur Kasman. (HI)