Beranda Maluku Utara Pelajar Malut Tampilkan Tarian Soya-Soya Di Opening Asian Games

Pelajar Malut Tampilkan Tarian Soya-Soya Di Opening Asian Games

800
0
BAGIKAN
Para penari tarian Soya-Soya

JAKARTA – Mahasiswa asal Maluku Utara yang melakukan study di Jakarta akhirnya berkesempatan memberikan konstribusi dalam ikut menampilkan tarian tradisional asal Maluku Utara Soya-Soya di opening Asian Games yang ke 18 yang diselenggarakan di Indonesia.

Di pembukaan Opening Asian Games, yang merupakan hajatan olahraga multi-event regional yang diselenggarakan empat tahun sekali ini, tuan rumah Indonesia menampilkan berbagai tarian tradisional dari penjuru tanah air, salah satunya adalah tarian Soya-Soya Maluku Utara.

Untuk bisa menghasilkan tarian soya-soya yang baik, para peserta tarian soya-soya melakukan latihan dalam waktu tiga bulan, dan latihan persiapan H1 dalam waktu 1 minggu.

Meski tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah Maluku Utara, atau pun kabupaten asal para penari berasal, namun dengan semangat dan niat melestarikan serta memperkenalkan tarian Maluku Utara, para penari menunjukan tarian Soya-Soya dengan gagah dan memukau.

Dengan menggunakan menggunakan pakaian berwarna merah, para penari asal Malut berhasil menampilkan tarian Soya-Soya dengan durasi 30 menit lebih di lapangan Gelora Bung Karno pada acara opening Asian Games yang ke 18.

Berikut ini adalah nama penari, asal daerah juga kampus mereka berasal.

1.Rasmin Boci : kota Ternate Utara. kel.kasturian kampus : STIE GANESHA.
2 .Riski Abdullah : Hiri, Kampus : STIE GANESHA.
3 .M.yusuf Sani : Bacan Halmahera Selatan.
4.Riski Muhammad : Bacan Halmahera Selatan, Kampus :STIMIK Mikar Bekasi.
5 .Ariyanto Toloa :Bacan Halmahera Selatan, Kmpus :STMIK Mikar Bekasi.
6 .Ghery Giovano Pinoa: kaupaten Pulau Morotai, Kc: Morotai Timur.
7. Ds: buho buho: Universitas Bung Karno.
8. .Hardi :asal Jailolo.

Rasmin Boci salah satu peserta yang sempat di wawancarai GamalamaNews.com mengatakan, dirinya dan teman-teman merasa sangat bangga bisa menampilkan Soya-Soya pada opening Asian Games, dan berharap semoga kedepannya Soya-Soya Maluku Utara terus berjaya dan selalu mengharumkan nama Malut.

“Saya dan teman-teman tentunya merasa sangat bangga dan bersyukur bisa menampilkan Soya-Soya pada opening Asian Games yang ke 18 Tahun 2018 di GBK, dan saya berharap semoga kedepannya Soya-Soya Maluku Utara terus berjaya dan slalu mengharumkan nama Malut”, singkatnya. (HH)