Beranda Halmahera Barat Personil Satpol PP Halbar Ikuti Uji Kompetensi

Personil Satpol PP Halbar Ikuti Uji Kompetensi

941
0

JAILOLO – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol – PP & DAMKAR) Kabupaten Halmahera Barat mengirim sebanyak 41 personil untuk mengikuti uji kompetensi jabatan fungsional Satpol PP yang dilaksanakan oleh BPSDM Propinsi Maluku Utara dan dibuka langsung oleh DIR SATPOL PP Ir. ASSADULAH.M.Si pada Selasa (4/9/2018).

Kabid Ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) SATPOL PP & DAMKAR  Hakbar Abjan Tabaika, S.IP sebagai pendamping peserta uji kompetensi mengatakan uji kompetensi dilaksanakan di Ternate selama empat hari terhitung mulai tanggal 4 sampai 6 September 2018.

Tujuan uji kompetensi ini, yakni untuk memetakan profil dan mengukur tingkat kompetensi Satpol PP sehingga standar kompetensi menjadi acuan pelaksanaan uji kompetensi dalam rangka inpassing/penyesuaian jabatan fungsional Satpol PP dan untuk kenaikan jenjang jabatan, baik tingkat ahli maupun terampil.

“Materi uji kompetensi yang diujikan pada hari pertama dan kedua diantaranya, uji kompetensi bagi aparat Satpol PP, dalam rangka inpasing jabatan fungsional, dan jabatan fungsional Satpol PP, dalam rangka peningkatan kapasitas SDM selanjutnya”, jelasnya.

Lanjut dia, “Pada hari ketiga materi uji kompetensi yaitu tentang arah kebijakan dalam peningkatan profesionalisme polisi pamong praja, kemudian kebijakan umum Kementerian Dalam Negeri bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan fasilitasi uji kompetensi bagi aparat Satpol PP, serta uji kompetensi jabatan fungsional sebagai salah satu cara untuk meningkatkan profesional Satpol-PP, namun  diakhir ujian peserta mengkuti ujian lisan dan wawancara”, tambahnya.

Masih kata Abjan, “Pengukuran kompetensi berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 800/120/SJ Tanggal 15 Januari 2016 tentang Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Satpol PP, untuk mengikuti uji kompetensi,  ada beberapa persyaratan salah satu diantaranya yaitu tes narkoba bagi anggota yang mengikuti uji kompetensi tersebut”.

Diakhir wawancara, Abjan mengatakan, “Uji kompetensi ini adalah pertama kali diikuti oleh Aatpol PP & Damkar Halbar, dan diharapkan melalui uji kompetensi ini, anggota Satpol PP & Damkar kedepan lebih memahami tugas, pokok dan fungsinya, dan kedepan akan lebih dalam melaksanakan tupoksi sebagaimana mesti”, cetus Abjan. (Uk)