Beranda Maluku Utara Kodim Tidore Gelar Kemah Saka Wira Kartika

Kodim Tidore Gelar Kemah Saka Wira Kartika

427
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Guna meningkatkan pembinaan generasi muda bangsa, utamanya di kalangan pelajar, Komando Distrik Militer (Kodim) 1505/Tidore menggelar perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika, bertempat di halaman Makodim 1505/Tidore, kelurahan Goto, kecamatan Tidore. Sabtu (08/09).

Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut diikuti sekitar 20 peserta yang tergabung dalam pengurus Saka Wira Kartika Cabang Kota Tidore Kepulauan pangkalan Kodim 1505/Tidore. Dan bertemakan “TNI AD dengan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika siap membina membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa kesatria guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke bhineka tunggal ika-an demi menjaga keutuhan NKRI.”

Pasiter Kodim 1505/Tidore, Kapten Inf Joko Saeranto melalui Sertu Djemi Rondonuwu selaku Pamong Saka Wira Kartika pangkalan Kodim 1505/Tidore kepada gamalamanews.com mengatakan bahwa, kegiatan itu merupakan kegiatan lanjutan dari perekrutan Saka Wira Kartika pada bulan Mei 2018 kemarin.

“Kegiatan ini adalah kelanjutan dari kegiatan perekrutan Saka Wira Kartika pada bulan Mei 2018 kemarin. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk anak-anak Wira Kartika cabang kota Tidore Kepulauan pangkalan Kodim 1505/Tidore, Korem 152 Babullah,” jelasnya.

Peserta yang tergabung pada perkemahan Saka Wira Kartika pangkalan Kodim 1505/Tidore adalah sekolah SMA di kota Tidore Kepulauan, baik itu di pulau Tidore maupun di daratan Oba.

Pada perkemahan tersebut, kata Djemi, hanya diikuti dua puluh peserta, sebab terkendala dengan adanya kegiatan sekolah, maupun kegiatan lainnya termasuk ada pula yang sakit.

“Kalau hari ini yang hadir adalah pengurus inti Saka Wira Kartika,” ujarnya.

Sementara untuk materi yang diajarkan adalah mengenai 5 (lima) Krida, yakni Krida Navrat (Ilmu membaca Peta Kompas), Krida Survival (Ilmu bertahan hidup di alam liar), Krida Pioner (Ilmu tali temali), Krida Mountenering (Merayap menyeberangi seutas tali tunggal dan penyeberangan basah) serta yang terakhir adalah Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Djemi pun berharap, agar dengan dilakukannya perkemahan tersebut anak-anak Pramuka Saka Wira Kartika pangkalan Kodim 1505/Tidore memiliki jiwa kuat dalam membela bangsa, serta kedepannya masyatakat Indonesia bisa punya generasi yang terlatih dasarnya, dari pendidikan bermental dan berwawasan tinggi melalui kepramukaan. (SS)