Beranda Maluku Utara Gamalama Erupsi, PVMBG minta tetap Tenang

Gamalama Erupsi, PVMBG minta tetap Tenang

664
0
Gunung Gamalama terlihat dari kelurahan Tubo pada Kamis siang (04/10/18)

TERNATE – Telah terjadi erupsi Gunung Gamalama, Maluku Utara pada tanggal 04 Oktober 2018 pukul 11:52 WIT dengan tinggi kolom abu teramati ± 250 m di atas puncak (± 1.965 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat laut.

Gamalama mengalami erupsi minor,
diawali dengan peningkatan kegempaan vulkanik yang sangat singkat. Sekitar 1 jam sebelum kejadian erupsi terekam 8 gempa vulkanik. Mekanismenya kemungkinan adalah steam-driven eruption (hydrothermal explosion). Dari sisi gas, Gamalama didominasi gas hidrothermal.

Status belum perlu dinaikkan karena rekomendasi saat ini masih memadai untuk erupsi yg terjadi.

Pemantauan akan ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan kegempaan menyusul erupsi minor ini.

Masyarakat agar tetap tenang, tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Gamalama dari Magma Indonesia.

Saat ini Gununh Gamalama berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi:
(1) Masyarakat di sekitar G.Gamalama dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 1.5 km dari kawah puncak Gununh Gamalama.

(2) Pada musim hujan, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar.

Darno Lamane, Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama Ternate,  saat di temui mengatakan, masyarakat tetap tenang dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Kami minta masyarakat tetap tenang, jangan percaya isu-isu menyesatkan tentang perkembangan gunung Gamalama,  selalu berkoordinasi dan mengikuti berita dari pusat geologi mitigasi bencana,” tandasnya. (Red)