Beranda Maluku Utara Penandatanganan MoU Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate dengan Grand Dafam Bela Ternate...

Penandatanganan MoU Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate dengan Grand Dafam Bela Ternate dan Balai Latihan Kerja Ternate Serta Peresmian Dafam Learning Center

984
0

TERNATE – Telah terselenggara Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate dengan Grand Dafam Bela Ternate
(GDBT) dan Balai Latihan Kerja (BLK)Ternate serta Peresmian Dafam Learning Center oleh Walikota Ternate Bapak Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM.

Acara ini berlangsung di Gamalama Ballroom Grand Dafam Bela Ternate dengan dihadiri unsur Forkompinda, Sultan Tidore, Rektor, Pimpinan OPD Kota Ternate dan Keluarga Besar Grand Dafam Bela Ternate serta undangan lainnya.

Dari serangkaian acara tersebut terdapat sambutan dari GM GDBT Bapak I Ketut Gunarta dan Owner Representative GDBT Bapak Jabar Abdul, serta Walikota Ternate Bapak Dr. H. Burhan Abdurahman, SH., MM sekaligus Peresmian Dafam Learning Center oleh Walikota Ternate yang ditandai dengan Pemukulan Gong, setelah itu dilanjutkan dengan Penandatangan Nota Kesepahaman Bersama.

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Grand Dafam Bela Ternate yang telah berkontribusi dan berkolaborasi dengan Pemerintah, untuk turut serta mencetak, mendidik dan memberdayakan tenaga kerja lokal yang secara tidak langsung menekan angka pengangguran di Kota Ternate.

Kesinambungan dari pelaksanaan kerjasama ini diharapkan menjadi suatu bukti bersama dalam membangun komitmen demi pembangunan sumberdaya manusia Kota Ternate” ujar Walikota Ternate dalam sambutannya.

Nota Kesepahaman Bersama antara Dinas Tenaga Kerja dengan GDBT dan BLK
di bidang Pengembangan Daya Saing SDM Kepariwisataan, ditujukan untuk membangun sinergitas antara para pihak dalam upaya meningkatkan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan dan sertifikasi.

Dan melalui Dafam Learning Center serta Program Pelatihan di BLK, maka diharapkan
akan terbangun suatu sistem pembekalan bagi tenaga kerja yang profesional dengan indikator sertifikasi kompetensi yang dimiliki.

Penyelenggaraan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama ini sebagai
bentuk implementasi Proyek Perubahan Lentera Wisata (Layanan Kompetensi Tenaga Kerja Kepariwisataan) – inovasi peserta Diklat Kepemiminan Tk. II BPSDM Provinsi Bali, yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME.

“Hal ini merupakan wujud kemitraan yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam menghadapi Bonus Demografi Tahun 2030 dengan upaya penyiapan tenaga kerja yang berkompeten” pungkas Jusuf Sunya.

Perlu digaris bawahi dengan adanya Dafam Learning Center sebagai lembaga vokasi kepariwisataan diharapkan dapat meningkatkan minat dan keahlian bagi tenaga kerja unskill pada sektor perhotelan yang merupakan bagian dari sektor kepariwisataan, pelatihan perhotelan di BLK juga diharapkan mampu mencetak tenaga kerja yang unggul dan kompetitif di bidangnya, yang pada akhirnya semua dapat mengikuti ujian kompetensi sebagai syarat pengakuan atas skill tenaga kerja di Kota Ternate.

Selain itu juga terdapat Pemecahan Rekor “Gohu Ikan Terberat 250 Kg” oleh Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID) yang diserahkan oleh Bapak Paulus Pangka, SH selaku Ketua Umum dan Pendiri LEPRID, sebagai rangkaian dari Hari Jadi GDBT Ke-11 dan semoga tetap eksis untuk berkiprah di sektor perhotelan di Kota Ternate dan Maluku Utara.

Di akhir acara Walikota Ternate Bapak Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM beserta undangan melakukan kunjungan dan peninjauan lokasi belajar Dafam Learning Center dan melakukan dialog dengan Pengelola serta peserta didik Dafam Learning Center. (RLS)