Beranda Maluku Utara Ini Kata Sekda saat Apel Pagi di Lingkup Pemkot Ternate

Ini Kata Sekda saat Apel Pagi di Lingkup Pemkot Ternate

279
0
BAGIKAN
Apel gabungan di Lingkup Pemkot Ternate, Foto: Bucek Humas.

TERNATE – Apel gabungan di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Senin (5/11), di hadiri seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), diantaranya, kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, pejabat administrasi dan pengawas, Camat serta Lurah, dilingkup Pemkot Ternate. Apel gabungan ini dilakukan sebulan sekali di luar kegiatan upacara.

Dalam sambutannya saat apel pagi, Sekertaris Daerah Kota Ternate, DR Tauhid Soleman, mengatakan, “DAK untuk Tahun 2019 mengalami kenaikan, termasuk juga DAU, kenaikan itu sudah disampaikan Kementerian Keuangan kepada seluruh daerah, kenaikan itu menjadi perhatian kita di dalam menyusun rancangan anggaran daerah Tahun 2019, jadi ada SKPD yang mengalami kenaikan dan penurunan, nanti bisa berkoordinasi dengan DPKAD Kota Ternate, terkait dengan angka-angka tersebut, karena itu penting terkait pada saat kita menyusun RKA”.

Lanjutnya, “Untuk anggaran kelurahan saya belum tahu mekanismenya seperti apa, nanti ada peraturan pemerintah yang mengatur khusus, berkaitan dengan anggaran tersebut saat ini masih di godok bentuknya seperti apa, karena akan menyesuaikan dengan anggaran desa, kita belum dapat petunjuk, sistem dan mekanismenya seperti apa, apakah mirip dengan anggaran desa atau dengan penyesuaian dengan karakteristik wilayah setempat. Terkait dengan DAK, untuk tahun 2018, secara keseluruhan kita (Pemkot Ternate-red) berjalan bagus, karena selama ini kita mendapat pendampingan Kanwil Perbendarahaan Malut, Kementerian Keuangan, mereka selalu mendorong dan mensuport semua daerah yang mengelola DAK, untuk mempercepat proses-proses pekerjaannya untuk kita, Ternate, alhamdulillah berjalan bagus, nanti ada beberapa SKPD yang mendapat perhatian,” jelasnya.

Lebih jauh Tauhid menjelaskan, “Kegiatan DAK, harus difoto, tahapan terakhir kegiatan harus difoto,” imbuhnya. Sekot menghimbau. yang belum mengupload foto harus segera mengupload foto. “Saya kira ini pekerjaan Administrasi saja, kegiatan sudah dilakukan, difoto lalu diupload, otomatis setelah diupload secara keseluruhan bidang-bidang yang dapat DAK-nya langsung ditransfer, tahapan terakhir untuk DAK adalah upload foto, jadi kita butuh kecepatan dan akselerasi dari dinas”.

Menurutnya, waktu hanya tersisa dua bulan lagi akan berakhir. Pihaknya meminta seluruh SKPD yang mengelola DAK, untuk fokus dan konsen menyelesaikan kegiatannya.”Jadi saya mengingatkan seluruh SKPD yang mengelola DAK, untuk betul-betul konsen menyelesaikan kegiatan”.

Sekot juga mengatakan, soal pencanangan HUT Korpri dan pencanangan Hari Kesehatan Nasional, dirinya meminta seluruh keluarga ASN di lingkup Pemkot Ternate agar berpartisipasi dalam acara tersebut pada tanggal 10 November nanti. (RED)