Beranda Maluku Utara Peringati Hari Pahlawan, Lanud Morotai Gelar Upacara Di Tugu Trikora

Peringati Hari Pahlawan, Lanud Morotai Gelar Upacara Di Tugu Trikora

249
0
BAGIKAN
Rangkaian acara peringatan Hari Pahlawan Nasional di Morotai.

MOROTAI – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) Leo Wattimena, Sabtu (20/11) menggelar upacara. Upacara yang berlangsung dihalaman tugu trikora ini dalam rangka memperingati hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada hari ini 10 November 2018.

Bertindak sebagai inspektur upacara, yakni Komandan Lanud Leo Wattimena Kolonel Nav Arif Budhiyanto, S.E. Sementara, Lettu Laut Ismail bertindak sebagai komandan upacara, upacara yang berlangsung dihadiri Bupati Morotai Benny Laos, Wakil Bupati Bapak Asrun Padoma, Sekda Morotai Muhammad M. Kharie.

Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Karyadi Bangun, Kapolres Morotai AKBP Mickael Sitanggang, Danramil 1508/Daruba Mayor Inf Mulhaman, mewakili Kajari Morotai Dasim Billo, Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 8/D. III Lanud Leo Wattimena Ny. Sekarwati beserta Ibu-ibu PIA, Ibu-ibu Persit, Ibu-ibu Jalasenastri, Ibu-ibu Bhayangkari, Purnawirawan dan Warakawuri Morotai, gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pulau Morotai, Pramuka dan pelajar juga turut hadir dalam upacara tersebut.

Sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan oleh Danlanud, Kolonel Nav Arif Budhiyanto, S.E. mengatakan bahwa di bulan November seluruh ingatan masyarakat Indonesia akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia kala itu.

“Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya, olehnya itu sebagai bentuk terima kasih kita wajib menghormati jasa para pahlawan dalam bentuk upacara,”ucap Danlanut.

Memperingatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. Tema yang diusung pada hari Pahlawan Tahun 2018 adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku”.

“Kalimat ini mengandung makna, sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan,” kata Danlanut.
Usai upacara, lanjutkan dengan kegiatan berziarah dan tabur bunga di Taman Makam Bahagia yang terletak di Desa Wawama. Ziarah yang berlangsung dipimpin langsung oleh Danlanal Morotai Letkol laut (P) Karyadi Bangun. (Ical)