Beranda Maluku Utara Akbid Gatra Buana Gurabati Tidore Wisudakan 41 Mahasiswa

Akbid Gatra Buana Gurabati Tidore Wisudakan 41 Mahasiswa

1367
0
Akbid Gatra Buana Gurabati Tidore Wisudakan 41 Mahasiswa

TIDORE KEPULAUAN – Akademi Kebidanan (Akbid) Gatra Buana Gurabati Tidore, mewisuda 41 Mahasiswanya pada program studi Diploma III (D-III) Kebidanan Angkatan IX, Selasa (27/11). Wisuda yang diawali dengan Orasi Ilmiah oleh DR. Marwan Polisiri, M,Kes tentang Bidan serta kesehatan ibu dan anak tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Direktur Akbid Gatra Buana Gurabati Tidore nomor 172j/049/GB.Akbid-LW/X/2018. Prosesi Pelantikan dilakukan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Bapak Dr. Muhamad Bugis, SE.M.Si dan pengambilan sumpah dipandu oleh Direktur Akademi Kebidanan Gatra Buana Gurabati Tidore, Rasmin Hi. Abdul Muthalib, S.SIT, M.Keb dan dilangsungkan di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Bapak Dr. Muhamad Bugis, SE, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Akbid Gatra Buana Gurabati Tidore termasuk salah satu dari 44 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah LLDIKTI wilayah XII Maluku dan Maluku Utara yang merupakan kebanggaan masyarakat di Propinsi Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan telah menghasilkan lulusan yang tidak hanya dengan indeks prestasi yang luar biasa tetapi juga merupakan salah satu PTS yang taat asas dan telah menorehkan berbagai prestasi.

Dikatakan, bahwa hal yang terpenting dalam sebuah PTS adalah komitmen badan penyelenggara dan badan pengelolah untuk terus meningkatkan mutunya dengan cara bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi lulusan.

Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Muhammad Yasin saat membacakan sambutan Walikota Tidore Kepulauan menyampaikan bahwa Para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan pada hakikatnya baru memulai langkah dan pengalaman baru, yaitu sebagai seorang lulusan yang akan berkiprah dan berkarya dalam pembangunan daerah. Disamping itu, para wisudawan dituntut memiliki pemikiran dan gagasan yang dapat memajukan dan merubah perilaku masyarakat, terutama yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak.

Walikota berharap, agar lembaga pendidikan tinggi dapat bersama-sama membantu pemerintah dalam upaya mewujudkan salah satu misi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, yaitu pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia berbasis potensi unggulan daerah.

Salah satu sasaran yang ingin dicapai dari misi tersebut, yaitu meningkatnya kualitas layanan kesehatan bagi semua, serta perluasan akses pelayanan yang terjangkau dan merata. Untuk itu, Walikota juga meminta kepada para wisudawan agar berperan dalam upaya mewujudkan visi pemerintah daerah, terutama pembangunan bidang kesehatan, meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap ibu dan anak, serta menjadi tenaga pelayan kesehatan yang baik.

Dalam laporannya, Direktur Akbid Gatra Buana Rasmin Hi. Abdul Muthalib, S.SIT, M.Keb mengatakan bahwa salah satu upaya untuk menghasilkan sarjana ahli madya yang berwatak dan berbudi luhur serta mempunyai kecakapan profesional yang memadai ialah dengan mempertahankan dan menjaga mutu dan kualitas dosen dengan mengikutkan pelatihan pekerti dan AA bagi dosen yang belum memiliki sertifikat.

Rasmin Hi. Abdul Muthalib juga menambahkan bahwa progress ke depan dari Akbid Gatra Buana Gurabati Tidore akan membuka program studi D-IV Kebidanan agar menjadi wadah edukatif bagi masyakat yang ingin melanjutkan pendidikan dari D-III Kebidanan.

Jumlah mahasiswa Akbid Gatra Buana Gurabati Tidore Program Diploma III Kebidanan yang mengikuti wisuda kali ini sebanyak 41 dengan lulusan terbaik adalah mahasiswa dengan nama : Fahria Mochtar, Siti Nadira M. Syaban dan Irma Sukardi. (HMS/SS)