Beranda Maluku Utara Menteri KKP Dan BUMN akan Buka Konservasi Terumbu Karang di Jikomalamo

Menteri KKP Dan BUMN akan Buka Konservasi Terumbu Karang di Jikomalamo

301
0
BAGIKAN
Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto.

TERNATE – Dalam rangka hari jadi Ternate ke 768 dan Hari Armada RI tahun 2018, Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate bekerja sama dengan Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat kota Ternate akan melaksanakan kegiatan konservasi terumbu karang, bersih pantai dan laut di Jikomalamo dan pantai Falajawa Kota Ternate.

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini merupakan implementasi dari UU TNI No 34 Tahun 2004 tentang TNI dimana pada pasal 9 di sebutkan bahwa tugas TNI AL adalah melaksanakan pembangunan dan kekuatan matra laut serta pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Dimana laut yang berada di wilayah Maluku utara khususnya di kota Ternate harus menjadi perhatian kita bersama agar tetap terjaga kelestarian dan kebersihannya. Oleh karena itu Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate melaksanakan kegiatan antara lain, Seminar Konservasi terumbuh karang yang dipusatkan di pantai Jikomalamo pada tanggal 8 Desember 2018 serta acara bersih pantai dan laut yang dipusatkan di pantai belakang pasar Bahari Berkesan pada tanggal 9 Desember 2018,” jelasnya.

Lanjutnya, “Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak dan memberikan edukasi pada seluruh lapisan masyarakat kota Ternate, untuk peduli dengan kebersihan pantai dan laut agar keseimbangan ekosistem laut tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita kedepan”.

Lebih jauh dijelaskan, Kegiatan konservasi terumbu karang diawali dengan seminar yang menghadirkan para narasumber yang handal diantaranya Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pujiastuti, Menteri BUMN Ibu Rini Suwandi yang akan berlangsung pada tanggal 8 Desember 2018 di kawasan wisata Pantai Jikomalamo.

Sedangkan kegiatan bersih pantai dan laut dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2018 yang diawali dengan acara funwalk di pantai Falajawa kota Ternate yang selanjutnya selesai funwalk seluruh peserta kegiatan bergerak menuju titik pusat acara bersih pantai dan laut di belakang pasar Bahari Berkesan.

Kegiatan konservasi terumbu karang, bersih pantai dan laut ini melibatkan seluruh komponen anak bangsa khususnya kota Ternate antara lain Pemerintah Kota Ternate, Pangkalan TNI AL Ternate, Polres Kota Ternate,Possi Kota Ternate Kodim 1501 Ternate, PT.Jasa Raharja, dan Komunitas peduli sampah Kota Ternate yakni Kosakate. (MI)