Beranda Halmahera Utara Didampingi Kadis Pertanian, Bupati Halut Saksikan Langsung Pemberian Bantuan Sapi di Desa...

Didampingi Kadis Pertanian, Bupati Halut Saksikan Langsung Pemberian Bantuan Sapi di Desa Hero Ino

260
0
BAGIKAN
Penyerahan Bantuan 60 ekor Sapi Untuk Desa Sukamaju dan Desa Hero Ino.

TOBELO – Usai melakukan penyerahan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsitan) kepada kelompok tani yang mengembangkan taonaman kedele dan padi, Bupati Halmahera Utara yang didampingi Kepala Dinas Pertanian, Daud, SP, Rabu (12/12) sore tadi, menyambangi desa Hero Ino, guna menyaksikan secara langsung pemberian bantuan sapi kepada masyarakat 2 desa.

Kepada masyarakat penerima bantuan, Frans Manery dalam sambutannya mengatakan, proses pengembangan dan potensi ternak sapi, sangatlah menjanjikan. Pasalnya, menurut laki-laki yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Halut ini, selain harga jual yang cukup tinggi, juga proses pengembang-biakan terbilang cukup cepat yaitu, tiap tahunnya satu sapi akan meghasilkan satu ekor tambahan.

“Dia pe harga cukup tinggi, jika proses perawatan dilakukan secara teliti. Intinya, pengembang biakan ternak ini, prospeknya juga sangat menjanjikan. Tiap tahunnya, satu ekor sapi akan menghasilkan 1 ekor,” ungkap Frans Manery.

Di zaman tekhnolgi sekarang ini, menurut Manery, dalam proses pengembang-biakan, tidak lagi memerlukan membutuhkan sapi penjantan, untuk membuahi sapi betina.

“Kalo zaman saya, batuan sapi harus disertakan dengan 2 pasang yaitu, betina dan jantan. Tetapi di zaman ini, dengan memanfaatkan tekhnologi, perkawinannya hanya melalui suntikan. Itulah yang saya katakan, selain murah juga menghasilkan hasil sapi yang harganya menjanjikan”, jelas dia.

Dia berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kelompok ternak. “Dulunya, saya mempunyai konsep, kalo sapi-sapi tersebut sudah menjadi banyak, dikembalikan atau diserahkan lagi kepada masyarakat yang ada di desa ini. Bukan kah ini juga menjadi berkat bagi orang lain. Saya berharap, agar bantuan ini dapat dimanfaatkan degan sebaik mungkin”, harap Frans Manery.

Sekedar diketahui, bantuan sapi, dikucurkan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Propinsi Maluku Utara, yang dibiayai oleh Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. Untuk desa Hero Ino, sebanyak 30 ekor dan desa Sukamaju 30 ekor.

“Banyaknya bantuan yaitu, 30 ekor untuk Sukamaju dan 30 ekor untuk Hero Ino”, kata Kepala Dinas Pertanian Halut, Daud, SP kepada wartawan via pesan singkat. (Enol)