Beranda Maluku Utara Walikota Ternate, Buka Workshop Konservasi Terumbu Karang

Walikota Ternate, Buka Workshop Konservasi Terumbu Karang

409
0
BAGIKAN

TERNATE – Dalam rangka memperingati hari Armada Republik Indonesia (RI) tahun 2018 dan hari jadi kota ternate (HJT) ke-768. Lanal Ternate bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melaksanakan Workshop Konservasi Terumbu, bertempat di lokasi Pantai Jikomalamo, Rabu (12/12/2018).

Workshop konservasi terumbu karang mengangkat tajuk, “Konservasi Keanekaragaman Hayati Laut Untuk Kemakmuran Rakyat” itu, tidak hanya melibatkan personil Lanal Ternate, tetapi bekerjasama dengan BUMN/Jasa Raharja, Possi Kota Ternate, Polres Ternate, serta sejumlah masyarakat peduli dan pecinta laut di kota Ternate.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Walikota Ternate Burhan Abdurrahman, dan turut dihadiri Wakapolda Maluku Utara (Malut) Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, Kepala Jasa Raharja, Forkompinda kota Ternate serta masyarakat.

Waka Danlanal Ternate, Letkol Laut (PM) Kusnadi dalam sambutannya, membacakan sambutan tertulis Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, mengatakan, isu pelestarian terumbu karang, yang digagas TNI AL belakangan menjadi salah satu topik pemberitaan yang sering diulas di berbagai media massa. Namun ditengah pemberitaan tersebut muncul sebagai pertanyaan masyarakat tentang mengapa TNI AL peduli akan isu terkait.

“Tugas TNI AL, lebih dari itu memang tugas mengawal keutuhan NKRI yang Utama, namun di luar itu terhadap pula tugas pengabdian kepada masyarakat, terangkum dalam tugas operasi militer selain perang,” katanya.

Tak hanya itu, lanjut lanal Ternate, pihaknya berkomitmen bersama untuk menjaga perairan Jikomalamo dalam mengatasi kerusakan terumbu karang yang sudah parah melalui kerja sama yang lebih konkrit dan berkelanjutan.

“Ekosistem terumbu karang, merupakan salah satu habitat utama yang penting untuk perikanan wisata pantai, dan adaptasi perubahan iklim, ekosistem ini juga rentan terhadap populasi laut,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam bekerja sama dengan instansi terkait, menanam kurang lebih 350 ‘Subtrap’ 8 buah modul, satu buah bus, 6 buah sepada motor, serta apartemen fish di tempatkan ke dasar laut perairan Jikomalamo.

Sementara itu, Walikota Ternate Burhan Abdurrahman dalam sambutannya, mengatakan bahwa, potensi-potensi wisata yang ada di kota Ternate, walaupun skupnya kecil, tetapi potensinya hampir semua ada di kota Ternate.

“Potensi wisata di Jikomalamo, potensi yang sangat indah, ini menjadi perhatian kita bersama, supaya kedepannya potensi-potensi yang ada di kota Ternate ini bisa kita jual, dan bisa menarik banyak para wisatawan,” kata Burhan.

Burhan menambahkan, semakin banyak kedatangan wisatawan di kota Ternate, semakin banyak dampak kesejahteraan bagi masyarakat.

“Semakin baik terumbu karang, di tata, di pelihara, apalagi di jaga, dan di desain sebaik mungkin, dengan begitu wisatawan saat menyelam bisa merasakan kenyamanan, sehingga bisa menjadi buah bibir dari mulut ke mulut, sehingga menambah wisatawan datang ke kota Ternate,” tutupnya. (Ogan/SS)