Beranda Maluku Utara Korem I52 Babullah Peringati HJK di Kota Ternate, Upacara Berlangsung Khidmat

Korem I52 Babullah Peringati HJK di Kota Ternate, Upacara Berlangsung Khidmat

805
0

TERNATE – Korem 152/Babullah menggelar upacara peringatan Hari Juang Kartika (HJK) 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Ngaralamo, Kelurahan Soasio Kota Ternate Selatan.

Tema yang ditetapkan pada Hari Juang Kartika tahun 2018 ini, yaitu “Manunggal Dengan Rakyat, TNI AD Kuat”.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, serta Wadan Yonif RK 732/Banau Mayor Inf Rodricho Patihahuan sebagai komandan upacara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Malut KH. Abdul Ghani Kasuba, Lc, Kapolda Malut Brigjen Pol Drs. Naufal Yahya, M.Sc (Eng), Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito, Dansat Brimob AKBP Budi Satrijo, S.IK serta Forkopimda Malut dan Kota Ternate, serta diikuti oleh 4 SSK Personel gabungan TNI/Polri dan PNS jajaran Korem 152/Babullah.

Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, 73 tahun yang lalu, para pendahulu kita telah menorehkan catatan yang sangat penting dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, yaitu peristiwa yang dikenal sebagai Palagan Ambarawa.

“Palagan Ambarawa adalah simbol kemanunggalan TNI AD dan rakyat Indonesia. Hubungan antara TNI AD dan rakyat bukanlah sebatas hubungan profesionalitas belaka, namun lebih dari itu,” ujarnya.

Endro menuturkan, TNI AD memiliki hubungan biologis dengan rakyat Indonesia karena dilahirkan dari rakyat sehingga senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Sebaliknya, rakyat adalah pendukung dan penguat perjuangan TNI AD dalam setiap tugas yang diemban.

Sementara itu dalam keterangannya Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Iriono menyampaikan bahwa, “Peringatan HJK tahun 2018 ini dilaksanakan secara serentak dan sederhana namun tidak mengurangi nilai-nilai dan rasa syukur kami jajaran TNI Angkatan Darat dalam rangka mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Sekedar diketahui, kegiatan diakhiri dengan
acara tambahan yaitu penampilan atraksi tarian Prajurit dan Marching Band Yonif RK 732/Banau serta penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka HJK 2018. (Ogan)