Beranda Maluku Utara 2019, Kodim 1505 Tidore Berencana Bangun Sekolah Rimba Suku Togutil

2019, Kodim 1505 Tidore Berencana Bangun Sekolah Rimba Suku Togutil

435
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 1505/Tidore di tahun 2019 nanti, merencakan membangun sekolah rimba untuk Suku Tobelo Dalam (Togutil) yang berada di wilayah kota Tidore Kepulauan dan kabupaten Halmahera Tengah.

Sebagaimana diungkapkan oleh Dandim 1505/Tidore Letkol (Inf) Yayat Priyatna Prihatina kepada Gamalamanews.com di Makodim Tidore belum lama ini.

“Saat ini kami telah merangkul sekitar 30 orang warga Tobelo Dalam yang nantinya dibina. Dengan membuatkan sekolah rimba untuk anak-anak mereka, sekolah ini tidak seperti sekolah biasanya,” kata Dandim.

Dikatakan pula, bahwa nantinya, diajarkan pendidikan dua kali dalam seminggu kepada anak suku Tobelo Dalam.

“Pendidikan yang diajarkan ini terkait kehidupan yang modern, cara hidup sehat, dan baca tulis,” pungkasnya.

Tambah Dandim, dengan begitu, sekolah itu diharapkan dapat memberi pemahaman kepada para Suku Tobelo Dalam, bahwa dunia ini tidak hanya di hutan.

”Bahkan nanti saya akan mengajak mereka ke Ternate, sehingga mengenal dunia itu seperti apa. Tidak hanya di hutan begitu. Boleh saja di hutan untuk bercocok tanam dan sebagainya, namun kehidupan yang sehat itu perlu diajarkan,” tandasnya.

Dikatakan juga, bahwa dengan memperkenalkan kehidupan yang modern kepada warga Suku Tobelo Dalam, maka diharapkan dapat merubah pola pikir mereka.

”Kalau kepala sukunya suka sama istri orang, apabila suaminya tidak mau maka dibunuh. Ini yang harus kita beri pemahaman lewat sekolah ini,” katanya sembari mengatakan bahwa hal ini juga untuk menghindari ketidaktahuan warga Tobelo Dalam terhadap sesuatu yang nantinya terjadi pada hal-hal yang tidak diinginkan. (SS)