Beranda Maluku Utara Pemkot Tidore Bersama GOW Gelar Upacara Hari Ibu

Pemkot Tidore Bersama GOW Gelar Upacara Hari Ibu

313
0
BAGIKAN

TIDORE KEPULAUAN – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tidore Kepulauan menggelar Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018, Rabu (18/12), di Aula Nuku dengan tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”.

Acara dihadiri oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan ibu-ibu yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita.

Wali kota pada saat membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Yohana Yembise, mengatakan bahwa hakekatnya Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

PHI juga diharapkan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan dan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan. Saat ini bahkan terbukti perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change).

Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami meiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peremouan dan laki-laki keduanya adalah parthnership sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional.

Sementara Ketua GOW Kota Tidore Kepulauan, Hj. Elvry Habib mengatakan momentum Hari Ibu juga merupakan sebuah tugas penting untuk mengembalikan nilai-nilai perjuangan kaum perempuan dan untuk lebih mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini, dari situlah tercermin semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua Dewan Penasehat GOW Kota Tidore Kepulauan, Hj. Sulamah Ali Ibrahim bahwa peringatan Hari Ibu menunjukkan adanya perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan sekaligus membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memperingati Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018 yaitu seminar Table Manner dan Kepribadian dengan narasumber Dr. Lula Kamal, senam diabetes, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sultan Nuku dan anjangsana ke Ibu Hj. Salma Kawiyudin, lomba “Ibu Bercerita”, pemberian penghargaan kepada ibu-ibu sebagai pengajar Al-Qur’an dan pengukuhan Forum Anak Daerah Kota Tidore Kepulauan periode 2018-2010 sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota tidore Kepulauan dalam mengaplikasikan memenuhi hak partisipasi anak dalam pembangunan. (Hms/SS)