Beranda Maluku Utara Farida: Berkas Para Bakal Calon BPD Segera Dimasukkan

Farida: Berkas Para Bakal Calon BPD Segera Dimasukkan

549
0
Kabid Kelembagaan Desa DPMD Morotai, Farida Irianti Iskandar.

MOROTAI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai mendesak kepada para Kepala Desa (Kades) di 24 Desa, agar segera memasukan berkas berkas bakal calon Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di desa tersebut.

Desakan agar mempercepat berkas pencalonan ini, lantaran terdapat sebanyak 24 desa itu masa jabatan BPD akan berakhir pada tanggal 4 Februari 2019.

“Sehingga target kami di pertengahan atau akhir bulan Februari itu sudah akan dilakukan pemelihan BPD secara serentak,”ucap Kabid Kelembagaan Desa DPMD Morotai, Farida Irianti Iskandar, kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (09/01).

Menurutnya, ”Kalau berkas para bakal calon BPD sudah masuk di kami, maka di bulan Februari sudah dilakukan pemilihan, dan di bulan Maret itu sudah dilakukan pelantikan. Karena penyaringan yang dilakukan oleh pihak DPMD untuk melihat berkas-berkas itu hanya memakan waktu satu hari saja sudah selesai dilakukan. Kalau dalam penyaringan kemudian terdapat para bakal calon yang berkasnya masi kurang, maka pihak lansung menyampaikan kepada yang bersangkutan agar segera melengkapi kekurang berkas tersebut,” katanya.

Dijelaskan, “Sebanyak 24 desa yang tersebar di lima Kecamatan yang akan mengikuti pemilihan BPD itu, Di antaranya Kecamatan Morsel, Desa Falila, Sabala, Daeo Majiko, Nakamura dan Morodadi, Kecamatan Mortim, Desa Gamlamo, Sangowo Barat, Sangowo Timur, Gosoma Maluku, Dokumira, Hino, dan Seseli Jaya, kemudian Kecamatan Morut, Desa Janjung Saleh, Goa Hira, Maba, dan Gorua Selatan, Kecamatan Morja Cempaka, Desa Podimor Padange, Sopi Majiko, Loleo Pangeo, dan Gorugo, sementara Kecamatan Morselbar, Desa Cio Maluleo, Bubula, dan Tilei Pante,” terangnya.(Ical)